17 Ekor Sapi dikurbankan di Perayaan Idul Adha


Zonalinenews – Kupang, Hari raya Idul Adha atau idul kurban masjid Al-Fatah Kelurahan Solor, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2014 berkurban sebanyak 6 ekor sapi dan 23 ekor kambing. “Demikian disampaikan ketua panitia kurban masjid Al-Fatah Chalid Bin Walid kepada wartawan di lokasi kurban masjid Al- Fata Kelurahan Solor Kota Kupang, Minggu 5 Oktober 2014, 12.30 Wita.

Penyembelihan Sapi di Kelurahan Solor

Penyembelihan Sapi di Kelurahan Solor

Chalid mengatakan, dari 6 ekor sapi dan 23 ekor kambing ini ada yang menyumbang berupa perorangan, kelompok maupun dari instansi – instansi. Satu ekor sapi di sumbang oleh bank NTT dan lima lainnya sumbangan dari masing – masing kelompok, yang mana satu kelompok terdiri dari tujuh orang untuk menyumbang satu ekor sapi, sedangkan 23 kambing sendiri penyumbang dari perorangan dan perusahaan – perusahaan swasta yang ada di Kota Kupang. “Hewan kurban ini akan di bagi untuk sekitar, 300 lebih KK yang berhak menerima daging kurban di Kelurahan Solor, dan ada sekitar 50 lebih KK dari Kelurahan lain yang berhak menerimanya, “Jelasnya.

Imam masjid Al – Fatah Kelurahan Solor Hamzah M Iyang menambahkan, sebenarnya perubahan dari tahun ke tahun ini hanya perubahan yang biasa – biasa saja, di kelurahan solor ini yang menjadi tradisi dari dulu adalah apabila yang berhak menerima  sudah kebagian sedangkan, yang masih tersisa  akan di bagi juga untuk warga Kelurahan Solor yang bukan beragama muslim. “Pembagian daging kurban ini juga di bagi pada anak – anak kecil dan panitia  yang membantu pelaksanaan kurban. “ Biar sedikit – sedikit yang penting semua warga bisa merasa daging kurban ini,lebih pentingnya adalah kebersamaan saling mengasihi untuk sesama umat manusia, “Ujarnya.

Ia menambahkan, di Kelurahan  Solor sendiri pelaksanaan  kurban berpusat di masjid Al – Fatah , dan dilaksanakan 2  hari mulai dari Sabtu 4 Oktober, dan Minggu 5 Oktober 2014. “Total keseluruhan hewan  kurban di Kelurahan Solor adalah 17 ekor sapi dan 23 ekor kambing, “Katanya. (*hayer)