Besok Bupati Rote Ndao Diperiksa Sebagai TSK

KUPANG, MEDIA GROUP – Sesuai jadwal, penyidik kejaksaan akan memeriksa Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning sebagai tersangka di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (16/12) pagi.

Hal ini dikemukakan Kepala Kejaksaan Tinggi NTT, John W. Purba melalui Asisten Tindak Pidana Khusus (As Tipidsus) Kejati NTT, Gaspar Kase, SH kepada wartawan di Kantor Kejati NTT, Jumat (11/12) siang.

Pemeriksaan itu kata Gaspar menindaklanjuti instruksi Kejaksaan Agung kepada Kajati NTT agar menginstruksikan kepala Kejaksaan Negeri Ba’a segera memeriksa Bupati Rote Ndao yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tanah hibah di Kabupaten Rote Ndao seluas 12 Ha yang merugikan keuangan Negara.

“Kajati NTT sudah menginstruksikan Kejari Ba’a segera melakukan pemeriksaan terhadap Bupati Rote Ndao sebagai tersangka,”tandasnya.

Gaspar menjelaskan pemeriksaan itu akan dilakukan oleh tim penyidik Kejari Ba’a

“Bupati Rote Ndao, Leonard Haning rencananya akan diperiksa sebagai tersangka (tsk) dalam kasus itu,”ungkapnya.

Mengenai kepastian waktu untuk pemeriksaan, ia mengatakan, hal itu merupakan kewenangan Kejari Ba’a untuk menentukan waktunya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan dilakukan penjemputan paksa terhadap Ketua DPRD Rote Ndao periode 2009-2014, Cornelis Feoh yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu.

“Khusus bagi Cornelis Feoh, akan dilakukan upaya paksa karena sudah 3 kali panggilan tetapi mangkir dari panggilan penyidik, “ kata Gaspar.

Hal senada disampaikan kepala Kejaksaan Negeri Ba’a, I Gde Ngurah Sriyada melalui Kasie Intel Kejari Ba’a, Dipo Iqbal, SH yang ditemui secara terpisah di Kantor Kejaksaan Negeri Ba’a, akhir pecan kemarin.

Ia mengatakan, surat pemanggilan pemeriksaan terhadap Bupati Rote Ndao, Leonard Haning untuk diperiksa sebagai tersangka yang ditandatangani Kepala Kejaksaan Negeri Ba’a telah dilayangkan penyidik ke Pemkab Rote Ndao melalui Bagian Umum Setda Kabupaten Rote Ndao, Kamis (11/12) siang.

“Pemeriksaan terhadap yang bersangkutan akan dilakukan di Kantor Kejati NTT,”katanya.

Selain pemeriksaan terhadap Haning lanjut Dipo, pihaknya juga telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Ketua DPRD Rote Ndao, 17 Desember 2014 mendatang.

“Kami sudah menyerahkan surat pemanggilan kepada kedua tersangka,”katanya.(che)