BPJS Sangat Penting Bagi Masyarakat

Media Group : Zonalinenews, Erende Pos – Oelamasi, Pentingnya pengetahuan tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di kalangan masyarakat. BPJS Cabang Kupang melakukan sosialisasi BPJS di Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang, tingkat Desa Dan Kelurahan se-Kabupaten Kupang. Sosialisasi BPJS dilakukan selama dua hari, Rabu 10 Desember dan 11 Desember 2014. Acara sosilisasi BPJS dihadiri sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Kupang, tokoh adat, dan tokoh agama.

Hendrik Paud

Hendrik Paud

Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd dalam sambutannya mengatakan kondisi pelayanan kesehatan saat ini sudah sedemikian berubah menjadi lebih baik. Dikatakan Sekda dengan program BPJS saat ini, sistem pengobatan kepada masyarakat yang sakit menjadi lebih teratur mulai dari pengobatan penyakit tingkatan rendah hingga pengobatan penyakit yang kronis. “Dengan BPJS ini masalah kesehatan satu orang menjadi tanggungan bersama, sehingga beban setiap peserta yang sakit ditanggung oleh semua peserta lewat pembayaran iurannya,” ungkap
Dia berharap, melalui sosialisasi ini, peserta dapat menjadi corong komunikasi program BPJS kepada masyarakat luas sehingga mereka bisa paham dan tahu manfaat program BPJS. “Kita adalah corong untuk membantu BPJS  memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang manfaat BPJS,” ungkap Kepada BPJS Kupang. Lanjutnya, kami minta lebih proaktif mensosialisasikan programnya langsung ditengah masyarakat luas.

Kepala Unit KPP BPJS Kupang Lalu Kahu Kusman dalam paparannya menjelaskan BPJS ini adalah perusahaan asuransi yang kita kenal sebelumnya adalah sebagai PT Askes. Begitupun juga BPJS Ketenagakerjaan merupakan transformasi dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Sesuai Undang-undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), dengan adanya JKN, maka seluruh masyarakat Indonesia akan dijamin kesehatannya. Dan juga kepesertaanya bersifat wajib tidak terkecuali juga masyarakat tidak mampu karena metode pembiayaan kesehatan individu yang ditanggung pemerintah.

Manfaat JKN Katanya, mencakup pelayanan pencegahan dan pengobatan termasuk pelayanan obat dan bahan medis habis pakai sesuai dengan kebutuhan medis. Seperti misalnya untuk pelayanan pencegahan (promotif dan preventif), peserta JKN akan mendapatkan pelayanan. Penyuluhan kesehatan, meliputi paling sedikit penyuluhan mengenai pengelolaan faktor risiko penyakit dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Dia menambahkan, bila sudah aktif menjadi peserta, alur pelayanannya menggunakan pola rujukan berjenjang yang dimulai dari sistem layanan primer hingga tersier. “Jika ada peserta BPJS yang tidak puas terhadap pelayanan jaminan kesehatan oleh fasilitas kesehatan, maka peserta dapat menyampaikan pengaduan kepada penyelenggara pelayanan kesehatan dan atau BPJS Kesehatan. Sementara untuk hotline servis BPJS dapat menghubungi kontak di no 500-400, “Jelasnya. (*hayer)


TAG