DPRD NTT Gelontor Rp 1 Miliar Untuk Pembentukan DOB

KUPANG, ERENDE POS – Komisi I DPRD NTT menambahkan anggaran sebesar Rp 1 miliar bagi Biro Tata Pemerintahan Setda provinsi setempat untuk koordinasi pembentukan dan pelaksanaan Daerah Otonomi Baru (DOB) di daerah ini.

Ketua Komisi 1 DPRD NTT, Kasintus Proklamasi Ebu Tho kepada wartawan di Kupang, Jumat (5/12) pekan lalu mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya rencana tesebut untuk tuntasnya pembentukan DOB Malaka dan Kota Maumere.

“Selain itu, dewan meminta kepada pemerintah untuk memperkuat aspirasi masyarakat dan pemerintah daerah pada beberapa kabupaten yang mau membentuk DOB seperti Pantar, Amanatun, Amfoang, dan pemekaran Sumba Timur,” ujarnya.

Sedangkan untuk DOB Provinsi Flores, kata dia, Komisi I sepakat dengan pemerintah untuk terus mengikuti aspirasi masyarakat dan pemerintah daerah di wilayah Flores terkait pembentukan Provinsi Flores.

Selain itu, ujarnya, Komisi I juga meminta pemerintah untuk segera menuntaskan masalah pemerintahan Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka. Hal ini penting, agar kedua daerah ini dapat memasuki fase baru pemerintahannya sambil ada kepastian akan adanya situasi yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilukada di dua kabupaten itu.

Dia menyatakan, mengingat Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka adalah daerah yang berbatasan dengan negara tetangga, maka penuntasan masalah tersebut akan semakin memberi ruang bagi pemerintah kedua daerah.

“Untuk itu, Komisi 1 meminta pemerintah pusat dan provinsi mempercepat pembangunan di dua daerah itu yang dapat memperkuat ketahanan nasional masyarakat setempat,” tambahnya.(rfl)