Duta Wisata NTT Masuk Delapan Besar Di Tingkat Nasional

Media Group : Zonalinenews, Erende Pos – Kupang,- Duta Wisata Nusa Tengga Timur (NTT) Frengky Lukas dan Tiara Nastasya Whitfrod pada  ajang pemilihan Duta Wisata tingkat  Nasional yang dilaksanakan di Kota Pakanbaru Provinsi Riau, 10 Desember 2014 lalu masuk pada finalis delapan besar dan Duta Wisata NTT dinobatkan jadi Duta Wisata Persahabatan dari 18 Provinsi. Demikian dikatakan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Dan Budaya Dinas Pariwisata Provinsi NTT Yuliana Rambu Rauna kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis 18 Desember 2014, jam 14.30 wita.

Dia mengatakan, Duta Wisata asal NTT yang bersaing di tingkat nasional ini adalah perwakilan dari Kabupaten Sikka, yang sudah mengikuti ajang pemilihan Duta Wisata NTT di tingkat Kabupaten Kota se – NTT yang dilaksanakan di aula Taman Budaya NTT beberapa waktu lalu.

Menurutnya, persaingan Duta Wisata NTT sangat ketat untuk bersaing dengan Duta Wisata – Duta Wisata lainnya  yang berasal dari 18 Provinsi yang mengikuti ajang tersebut. dia juga mengakui, Kekurangan Duta Wisata NTT saat di ajang nasional untuk bersaing dengan Duta Wisata dari Provinsi lain. “Saya sangat mengakui kekurangan kita dari NTT karena anak – anak NTT sendiri kurang begitu berminat di ajang nasional, karena kekurangan busana, busana yang digunakan adal model busana adat modifikasi, sedangkan dari Provinsi – Provinsi lain mengunakan model gaun yang sangat melekat dengat tradisional, “Katanya.

Dilanjutnya, kekalahan anak kita di ajang nasional juga di pengaruhi oleh tim penilai. Pasalnya, keseluruhan tim penilai berasal dari Provinsi – Provinsi lain sehingga faktor pilih kasih itu masih ada.

Dirinya sangat bersyukur dengan prestasi yang di peroleh anak NTT selama dua tahun terakhir ini. “Saya sangat bersyukur karena pada tahun 2013 lalu Duta Wisata asal NTT yang bersaing di tingkat nasional juga masuk pada delapan besar dan dinobatkan menjadi Duta Wisata Integensia, sedangkan tahun 2014 dinobat kan jadi Duta Wisata Persahabatan, maka dari itu  penghargaan yang diraih – anak NTT sangat special untuk Provinsi NTT, “Ungkapnya.

Dia juga berharap, untuk tahun – tahun mendatang di ajang pemilihan Duta Wisata di tingkat nasional generasi baru anak – anak NTT bisa bersaing dengan Provinsi – Proninsi lain hingga bisa menjadi Duta Wisata nasional sehingga bisa mengkat Pariwisata NTT bukan hanya di tingkat nasional tetapi hingga tingkat  mata Iternasional. “Saya sagat yakin anak – anak NTT tahun – tahun mendatang bisa mengakat distinasi pariwisata NTT, karena anak – anak NTT adalah ujung tombak dari Dinas Pariwisata sendiri, “Harapnya. (*hayer)