Jonna Damanik Jadi Inspirasi Untuk Penyandang Disabilitas

Madia Grup: Zonalinenews, Erede Pos -Kupang,-Menjadi mahkluk soasial yang sempurna tidak selamanya memiliki kesempurnaan dalam segala hal. Jadi sempurna tepergantung pada bagaimana seseorang mengelola cara hidup dan perilakunya dalam kehidupan sosial,aneh tapi nyata,sebuah ilustrasi yang sering diungkapkan untuk para penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan dalam mengapliksikan sesuatu yang unik serta keberhasilan dalam berprestasi dan sukses dalam berwirausaha.

Jonna Damanik

Jonna Damanik

Jonna Damanik seorang inspirator penyandang disabilitas yang mampu melawan stigma disabilitas, Dia mengalami gangguan pada penglihatan disaat usia dewasa,dirinya menceritakan bahwa mengalami gangguan penglihatan ketika  menjabat salah satu jabatan penting pada salah satu perusahaan Jepang dan memimpin sekitar 800 karyawan. Tak disangka kalau dirinya terserang sebuah penyakit flugoma tepatnya pada bagian bola mata dan mengakibatkan putusnya organ penglihatan, sehingga dirinya menjdi buta,hal ini dikatakannya saat work shop Ilo di aula UPTD dinas Pdan K provinsi NTT Jumat 12 Desember 2014.

Menurut Jonna,ketika dirinya menjadi salah satu penyandang disabilitas,awalnya hampir hilang kepercayaan kepada Tuhan,namun karena motivasi dari sang istri dan anak serta sehabat,maka Diapun bangkit dari keterpurukan,sehingga dirinya terus berkarya serta memberikan yang terbaik untuk keluarga,dengan demikian saat ini dirinya menjabat sebagai general Manager pada Majala Diffa Indonesia.

Ketika disinggung soal stigma bagi penyandang disabilitas sering diidentik dengan orang yang tidak bisa berbuat apa-apa atau takberdaya,dirinya menjelaskan bahwa orang yang tidak mau beruh dan berusaha adalah oaring yang tidak mau keluar dari keterpurukan,padahal sesungguhnya tidak ada perbedaan antara disabilitas dan non disabilitas dalam membangun kehidupan yang dinamis.

Selain itu dirinya juga memberikan motivasi kepda seluru penyandang disabilitas di seluruh Indonesia khususnya di NTT,harus bangkit dan berusaha serta gunakan keterampilan yang dimiliki untuk bersaing dalam dunia kerja.(*Ega)