Kemudahan Pinjaman di Koperasi Pintu Air Tanpa Jaminan

Media Group : Zonalinenews, Erende Pos -Kupang, – Dalam upaya menarik minat nasabah Koperasi Pintu Air Kota kupang melakukan terobosan dengan memberi kemudahan bagi calon nasabah yang akan melakukan pinjaman tanpa menggunakan jaminan berupa barang, rumah ataupun tanah. Hal ini berbeda dengan perbankan lainnya yang bergerak dibidang perkereditan. Bank sekalipun, ketika nasabah melakukan pinjaman harus disertakan dengan anggunan atau jaminan. Penegasan ini disampaikan Manager Koperasi Pintu Air Theofilus Efi melalui bagian administrasi, Fabianus K. Djawa, Selasa (16/12) kepada wartawan diruang kerjanya.

Lanjut Djawa, kemudahan ini oleh Koperasi Pintu Air dalam rangka membantu masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dengan mudah. Sebab, jaminan yang terpenting adalah harga diri.

Diakui, Djawa bahwa bunga pinjaman dari Koperasi Pintu Air mencapai 2 persen. Namun, bunga tersebut ketika nasabah dalam melakukan pengembalian pinjaman tersebut 1 persen dipotong sebagai modal tabungan nasabah di koperasi Pintu Air.

Dana tersebut, potongan 1 persen tersebut digunakan untuk simpanan pokok nasabah dan juga sebagai media belajar bagi nasabah dalam melakukan tabungan. Koperasi Pintu air bukan saja mangambil keuntungan dari nasabah melalui bunga tapi juga sebagai bahan belajar.

“ kita lakukan ini untuk membiasakan nasabah melakukan tabungan, bukan saja di Koperasi atau bank atau tapi juga dirumah,” kata Djawa.

Dikatakannya, Koperasi Pintu Air awal perjalanan jalan terseot-seot, namun dalam perjalanannya koperasi Pintu Air semakin disukai masyarakat Kota Kupang sehingga koperasi Pintu Air hingga saat ini memiliki cabang di Kota Kupang. Koperasi ini memiliki cabang di bebrapa kota di NTT. Dan untuk daratan Timor, Koperasi ini telah berada kabupaten Belu, TTU dan Kota Kupang. Sementara untuk semua Kabupaten yang ada di daratan flores, koperasi pintu air telah memeiliki cabang.

“ Saat ini, Koperasi Pintu Air Cabang kota Kupang sejak pendirian sejak tahun 2011 saat ini memiliki keanggotaan aktif 4527 orang,” kata Djawa. (*chu)