Kenaikan Bahan Pokok Di Kota Kupang Faktor Cuaca

Wakil Walikota Kupang Herman Man kunjungi pasar kasih naikoten 1

Media Group : Zonalinenews, Erende Pos – Kupang,- Cuaca faktor penyebab kenaikan harga bahan pokok di beberapa pasar besar di Kota Kupang Pasalnya, permintaan pasar akan kebutuhan bahan pokok sangat tinggi namun stok terbatas. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Kupang Hermanus Man kepada wartawan  saat melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Kasih Kota Kupang, Rabu 17 Desember 2014, jam 10.00 wita.

Wakil Walikota Kupang Herman Man kunjungi pasar kasih naikoten 1
Wakil Walikota Kupang Herman Man kunjungi pasar kasih naikoten 1

Menurut nya, kenaikan bahan pokok karena permintaan pembeli yang begitu meningkat menjelang hari raya natal dan tahun baru, sedangkan stock yang dimiliki pedagang sangat terbatas. “Kenaikan bahan pokok di Kota Kupang untuk menjelang hari Raya Natal dan Tahun Baru, juga hanya beberapa jenis saja. Seperti bumbu masak, Lombok, bawang, tomat, sayur – sayuran dan Telur saja yang menggalami kenaikan. Sedangkan beras harganya masih stabil.

“Saya rasa kenaikan beberapa jenis bahan pokok ini sangat wajar karena, permintaan kebutuhan masyarakat yang begitu tinggi menjelang natal dan tahun baru, sedangkan stok persediaan stok yang sangat terbatas, sedangkan beras sendiri harganya masuh stabil itu karena penyediaan stok beras sendiri masih sangat banyak, “Katanya.

Sementara itu salah satu pedagang bahan pokok di Pasar Kasih  Ady Wila kepada media ini mengatakan, kenaikan beberpa jenis bahan pokok seperti Lombok, tomot, Bawang ini sudah menjadi hal yang biasa. “Kenaikan harga bahan pokok di pasar sudah sering terjadi setiap tahunya pada saat menjelang hari raya natal dan tahun baru, “Katanya. Lanjutnya, bahkan kenaikan bahan pokok ini juga sering terjadi pada saat hari raya besar umat musim Idul Fitri juga naik. Kita pedang dipasar ini bukan menaikan harga seenak kita saja, tetapi dari tempat kita membeli kalau dikasih harganya naik sudah pasti kita juga ikut kasih naik harganya, tetapi kalau pada saat kita beli dan tidak di kasih naik, kita pun jualnya seperti biasa saja.

Dia mengatakan, kenaikan bahan pokok di tahun ini juga tidak begitu tinggi dan kenaikan ini bukan karena terpengaruh dengan adanya kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Pemerintah Pusat. Kenaikan ini sudah menjadi kebiasaan tiap tahunnya pada saat menjelang natal dan tahun baru. (*hayer)