Kesadaran Menanam Pohon Terus Digelorakan

Media Group : Zonalinenews,Erende POS- Kupang ,- Salah Satu program nasional Hari Menanam Pohon (HMP) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) patut diteruskan sebagai bentuk penyelamatan terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Benediktus Polo Maing pada kegiatan penanaman pohon di kawasan Balai Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan, Kabupaten Kupang, Jumat (29/11) lalu. Menurut Benediktus, setiap orang harus memiliki kesadaran untuk menyelamatkan lingkungan yakni dengan cara menanam pohon sebagai tanggungjawab terhadap alam.

“Tahun ini kami sudah tanam 35,83juta pohon. Kalau tahun 2013 itu sekitar 16,68juta sedangkan 2012 lalu sebanyak 40,69juta pohon. Iya, memang target kita yakni 231,8 juta pohon yang harus ditanam sebagai bentuk dukungan terhadap program menanam satu miliar pohon yang dicetuskan olen mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono,”jelasnya.

Selain itu, Dinas Kehutanan  Provinsi NTT juga melaksanakan lomba menanam pohon lingkup kabupaten/kota. Kegiatan tersebut dimenangkan oleh Kota Kupang, Sumba Timur, Malaka, Manggarai Barat, Ngada, Sabu Raijua, Sumba Barat, TTU, Belu, Alor dan Kabupaten Sikka.

Sementara itu, Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora mengatakan, dorongan menanam pohon sudah dikenalkan ke masyarakat melalui program tabungan pohon yang diatur dalam Peraturan Desa (Perdes) dan Peraturan Daerah (Perda). Hal itu, dimaksudkan untukmeningkatkan kesadaran masyarakat melestarikan tanaman sebagai aset keberlangsungan hidup manusia.

Ditambahkannya, Perda tersebut didukung dengan pembagian bibit pohon gratis setiap tahun sebanyak satu juta anakan. Bibit yang dibagikan difokuskan pada daerah lahan kritis karena ilegal logging, dan kekeringan akibat kebiasaan membakar lahan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Walikota Kupang, Herman Man mengatakan, memasuki Bulan Menanam Nasional (BMN), Pemerintah Kota (Pemkot) Kupoang berkomitmen menghijaukan Kota Kupang dengan menanam pohon kelapa disetiap bantaran sungai sebanyak 60 ribu pohon dan pohon beringin sebanyak 200 pohon. (*hendrik)