Ketua DPRD Buka Sidang II Masa Persindangan I DPRD Kabupaten Kupang

KUPANG, MEDIA GROUP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang gelar pembukaan sidang II dengan angenda pembahasan nota keuangan atas rancangan APBD Kabupaten Kupang tahun anggaran 2015 dan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tata Ruang dan Tata Wilayah (RTRW) Kabupaten Kupang tahun 2013 – 2033, yang berlangsung di ruang rapat lantai I gedung DPRD Kabupaten Kupang, Jumat (12/12).

Dalam sidang itu Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede dan didampingi Wakil Ketua DPRD Kabuapten Kupang, Jerry Manafe dan Deasy Balo dan di hadiri Bupati Kupang, Ayub Titu Eky didampingi Wakil Bupati Korinus Masneno, Sekertaris Daerah (Setda) Kabupaten Kupang juga dihadiri seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Kupang Yosef Lede saat membuka sidang II DPRD Kabupaten Kupang 2014 mengatakan, pembukaan sidang itu dilaksanakan berdasarkan jadwal yang ditetapkan Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Kupang nomor 09/BANMUSY/DPRD/2014.

Sesuai rencana kata Yosef, sidang pembahasan APBD Kabupaten Kupang TA.2015 akan berakhir 23 Desember 2014 nanti.

“Untuk itu terhadap perhatian pertama, yakni tentang materi nota keuangan atas rancangan APBD Kabupaten Kupang tahun 2015, dimna selain kita akan menelaah agenda – agenda strategis tentang kegiatan peyelenggara Pemerintahan, pelayanan masyarakat dan pembagunan daerah Kabupaten Kupang ditahun 2015 nanti, kita juga perlu memperhatikan bahwa tahun ini adalah bagian dari langkah awal kipra Pemerintahan periode 2014 – 2019 menjabarkan RPJMD Kabupaten Kupang, “kata Yosef.

Dalam sidang itu juga akan dibahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Kupang tentang Rencana tata Ruang dan Wilayah Kabupaten Kupang tahun 2013 – 2033. Meurutnya, Ranperda itu diarapkan dapat dijadikan sebagai landasan yuridis formal dalam perencanaan, penatalayanan dan pengoptimalisasian pelaksanaan tugas – tugas pemerintah, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan, bahkan pijakan hukum bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan sehubung dengan pemberdayaan potensi yang dimiliki oleh daerah.

“Saya percaya bahwa dengan semangat kebersamaan dalam kemitraan yang telah wujud-nyatakan selama ini, tentu akan memotifasi kita agar  selalu mengutamakan kepentingan yang lebih besar dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dan daerah ini, “ungkapnya.

Ia menambahkan, sejalan dengan harapan – harapan tersebut, dirinya meminta sekaligus menegaskan kepada pemerintah melalui Bupati Kupang agar agar selama kegiatan persidangan ini terutama pada saat rapat – rapat komisi, rapat badan legislasi dan badan anggaran, wajib dihadiri langsung oleh para pimpinan SKPD lingkupa Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang.

Sementara Bupati Kupang Titu Eki dalam sambutannya mengatakan, sesuai hasil kesepakatan dengan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Kupang dengan tim anggaran Pemda Kabupaten Kupang, dalam sidang kali ini kita akan membahas dua agenda, yakni nota keuangan atas rancangan Perda tentang APBD Kabupaten Kupang tahun anggaran  2015 dan rancangan Perda tentang RTRW nasional yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan berlandaskan wawasan nusantara dan ketahanan nasional.

“Sedangkan RAPBD tahun anggaran 2015 ini juga sudah disesuaikan deangan arah kebijakan umum untuk pencapaian visi dan misi yang akan ditetapkan terutama lebih di prioritaskan peda kegiatan – kegiatan yang menunjang upaya penanggulangan berbagai masalah yang berkaitan dengan perbaikan dan pembagunan sarana da prasarana perekonomian, pertanian dan pengairan termaksuk pengalokasian anggaran untuk mendukung program paksa dan paksa tanam di Kabupaten Kupang, “katanya. (hyr)