Pemkab Belu Usulkan Pembentukan DPRD Malaka

Media Group : Zonainenews,Erende Pos –Kefamenanu Pemerintah Kabupaten Belu mengusulkan pembentukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Malaka. Hal ini dikemukakan Penjabat Bupati Belu, Welem Foni kepada wartawan di Atambua, Rabu 10 Desember 2014 Pukul 12.00 wita.

Ia mengatakan, pembentukan DPRD di daerah otonomi baru (DOB) Malaka sedang dalam proses penetapan. “Pemerintah sudah menerima berkas usulan dari KPU Kabupaten Belu dan saat ini sedang dalam proses untuk diusulkan ke gubernur,” kata Welem.

Ia menjelaskan, anggota DPRD Malaka akan diisi anggota DPRD dari kabupaten induk Belu hasil Pemilu legislatif 2014. Ia berharap, paling lambat akhir Desember 2014 ini, keanggotaan DPRD Malaka sudah bisa dilantik.

“Soal mekanisme penetapan anggota DPRD bukan wilayahnya pemerintah. Pemerintah hanya memproses usulan dari KPU sebagai penyelenggara pemilu,” katanya.

Ditemui secara terpisah, Ketua KPU Kabupaten Belu, Ama Bara Lay mengatakan, sesuai dengan keputusan KPU Pusat, DPRD di DOB Malaka diisi oleh anggota DPRD dari kabupaten induk Belu hasil Pemilu Legislatif 2014.

Menurutnya, usulan pembentukan DPRD Malaka itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 33/2014 tentang Penataan dan Pengisian Keanggotaan DPRD pada Daerah Induk dan Daerah Pemekaran.

Sedangkan Ketua KPU NTT, Johanes Depa, mengatakan, proses pengisian keanggotaan DPRD di DOB Malaka belum dianggap bermasalah, karena sesuai dengan UU Pembentukan DOB Malaka, pengisian anggota DPRD paling lambat dilakukan empat bulan setelah pelantikan anggota DPRD di kabupaten induk.

“Belum menjadi masalah karena dalam UU Malaka, paling lambat empat bulan setelah DPRD Belu dilantik. DPRD di kabupaten induk Belu dilantik bulan Oktober sehingga masih ada waktu untuk proses pengisian hingga Januari 2015,” katanya.

Mengenai jumlah anggota DPRD Malaka, dia mengatakan, DPRD Belu hasil pemilu legislatif 2014 berjumlah 40 orang.

Dari jumlah itu, 22 berasal dari darah pemilihan Belu dan 18 lainnya berasal dari daerah pemilihan Malaka.(*dev)