SONY DSC

Pemkot Kupang Kukuhkan Dewan Pengupahan

Media Group : Zonalinenews, Erende Pos – Kupang,- Untuk antisipasi menghadapai tantangan masa mendatang dan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja serta mewujudkan penghasilan dalam memenuhi kebutuhan layak bagi para pekerja. Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melakukan Pegukuhan Dewan Pengupahan Kota Kupang di ruang rapat sasando kantor Wali Kota Kupang, Jumat 19 Desember 2014, pukul 8.00 wita.

SONY DSC

Herman Man
Wakil Walikota Kupang Hermanus Man dalam sambutannya mengatakan,  upaya menyelaraskan kebijakan upah minimum Kota Kupang dengan memperhatikan produktifitas dan pertumbuhan ekonomi nasional serta untuk mewujudkan keberlangsungan usaha peningkatan kesejahteraan pekerja, maka Dewan Pengupahan Kota Kupang, perlu mengambil langkah – langkah yang sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan dalam meningkatkan kesejahteraan pekerjadengan sedapat mungkin mewujudkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan yang layak bagi para pekerja.

Menurutnya, untuk mewujudkan penetapan upah minimum yang lebih realistis sesuai dengan kemampuan perusahaan. “Berdasarkan ketentuan hidup layak, sesuai dangan pelaksanaan pasal 13 ayat 6 keputusan Presiden nomor 107 tahun 2014 tentang Dewan Pengupahan dan 98 undang – undang nomor 13 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan dimana Dewan Pengupahan Kota Kupang telah dibentuk pada tanggal 13 Mei 2014 dengan SK Walikota Kupang, “Jelasnya.

Dia mengatakan, kita harus bersyukur bahwa pengukuhan Dewan Pengupahan Kota Kupang yang dilakukan, saat ini merupakan salah satu wahana dalam rangka meningkatkan harkat, mertabat dan harga diri pengusaha dan pekerja dalam untuk memantapkan proses pelaksanaan Dewan Pengupahan Kota Kupang, sebagai antisipasi menghadapi tantangan masa yang akan datang yang semakin kompeks.

“Untuk itu ada beberapa hal yang penting yang ingin saya titipkan dan sekaligus dan sebagai bekal bagi saudara – saudara dalam proses pengelolaan organisasi ini kedepan. Yang pertama, pengukuhan Dewan Pengupahan harus mampu merespons berbagai kepincangan dan probelmatika pertumbuhan ekonomi naisional yang terjadi di daerah ini, dan menyikapinya melalui ukuran norma dan tata nilai usaha dan peningkatan kesejahteraan pekerja, “Katanya.

Lanjutnya, Dewan Pengupahan harus menjadi wadah pembelajaran yang efektif bagi para pekerja tentang bagaimana  menjalankan roda organisasi untuk mencapai tujuan melalui landasan estimasi dan evaluasi yang mantap, mengasah mental dan keberanian untuk menyampaikan pemikiran yang dimensional, membuat analisa yang cermat terhadap suatu permaslahan, sekaligus belajar mengutarakan pendapat secara sisrim matis dan konsttruktif dalam forum yang benar – benar demokratis. (*hayer)