Pasar di ruteng (foto Komdo tour .com)

Pengelolaan Pasar Ruteng Perlu Melibatkan Stakeholder

Media Group : Zonalinenews,erende Pos,- Ruteng,- Untuk menjaga eksistensi pasar ruteng perlu melibatkan instansi terkait,diantaranya badan lingkungan hidup daerah(BLHD) Kabupaten Manggarai dalam menata kebersihan pasar tutur kepala Dinas Perindustrian,Perdangaan dan Koperasi (Prindagkop) Kabupaten Manggarai , Heribertus Ngabut,SH Jumat 19 Desember 2014.

 

Pasar di ruteng (foto Komdo tour .com)

Pasar di ruteng (foto Komdo tour .com)

Pantauan media,keberadaan pasar Ruteng masih dihiasi oleh sampah yang berserakan dimana-mana menyebabkan pembeli tidak nyaman untuk bertahan di lokasi pasar Ketika di konfirmasi,Heribertus menjelaskan,pasar Ruteng harus di tata kembali dan melibatkan instansi-instansi terkait,bukan saja BLHD tetapi masih banyak instansi pemerintah yang sebenarnya memiliki peran penting dalam pengelolaan pasar.

“Dinas pridagkop kabupaten manggarai sudah berusaha semaksimal membangun pasar mega berlantai dua ,dengan 84 stand berukuranya 2,5 x 3 meter persegi ,namun hal yang substansialnya tata kelola pasar dan kebersihan bagian integral dari pasar,” ungkapnya.

Pembangunan pasar menurutnya , dengan tujuan meningkatkan pendapatan masyarakat manggarai khusunya para pedangang dan memberi kenyaman dalam penjualan barang dagang. Di tahun 2015 akan dibangun pasar baru di satarmese yang bersumber dari dana DAK.

Sejumlah pedagang yang tidak mau dipublikasikan namanya menegaskan kehadiran pasar baru Ruteng sangat membanggakan dan menguntungkan, karena selama ini mereka hanya berjualan di luar pasar. kapasitas ruangan tidak memadai namun pihkanya sangat senang karena pemerintah kabupaten manggarai serius memperhatikan nasib para pedagang,” Ungkapnya.(*kons)