Kompol Yulian Eka Perdana

Polres Kupang Kota Gelar Operasi Pakat

Media Group : Zonalinenews,Erende Pos-Kupang ,- Polres Kupang Kota telah menggelar operasi Pakat (anti penyakit masyarakat) selama dua hari lamanya, dan operasi Pakat akan digelar hingga tanggal 15 Desember mendatang.

Kompol Yulian Eka Perdana

 

Demikian diungkapkan Wakapolres Kompol Julian Perdana Rabu 10 Desember 2014.
Dia mengatakan, dalam dua hari operasi Pakat, telah berhasil mengamankan sebanyak 4 jerigen miras yang berisi puluhan liter sopi di Kelurahan LLBK dan Oesapa (Suratim), serta sebanyak 30 unit meriam.

Selain miras dan meriam, kepolisian juga melakukan pengamanan terhadap kejahatan jalanan seperti pengeroyokan, premanisme, prostitusi, dan pembawa senjata tajam yang dianggap dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat. Serta melakukan penindakan dan penegakan hukum bagi pelaku pelanggaran.

Julian menambahkan, pada 18 Desember mendatang akan digelar operasi lilin yakni operasi untuk kemanusiaan dan pelayanannya di tempat-tempat ibadah dan mengamankan setiap kegiatan perayaan natal yang dilakukan oleh gereja kristiani dan puncaknya hingga pergantian tahun.

“Dalam operasi lilin ini, semua personil Polresta akan terlibat aktif, bahkan telah memnbentuk lima Unit Kecil Lengkap (ULP) baik di empat Polsek dan satu unit di Polresta yang beranggotakan sebanyak 250 orang anggota,” jelasnya.

Pihaknya juga akan memantau arus mudik dan arus balik yang cukup padat menjelang hari raya, menghimbau warga yang dipusat keramaian untuk menjaga kantibmas dan menghidari penyakit masyarakat, permainan kembang api yang meresahkan masyarakat.

“Kami menghimbau agar semua masyarakat terlibat aktif dalam operasi pakat ini sehingga dapat tercipta suasana kantibmas bagi semua masyarakat yang melakukan perayaan keagamaan,” ucapnya.

 

Sebeumnya, Sebanyak 5.000 sepeda motor dijaring aparat Polres Kupang Kota dalam Operasi Zebra di sejumlah lokasi selama dua pekan.

“Hingga kini data pelanggar lalu lintas yang sudah dijaring mencapai 5.000 sepeda motor,” kata Direktur Lalulintas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Kombes Polisi Eriadi di Kupang, Senin (8/12).

Operasi yang melibatkan anggota Polres Kupang Kota dan Satuan Lalu Lintas Polda NTT itu dilakukan di sembilan titik wilayah Kota Kupang.

Kesembilan lokasi adalah Jalan El Tari, Frans Seda, Piet Tallo, Lalamentik, Timor Raya, Veteran, Jenderal Sudirman, Adi Sucipto dan Jalan Siliwangi.

Dari jumlah tersebut, rata-rata karena pengemudi tidak memenuhi standar kelengkapan kendaraan, misalnya kaca spion.

Selain itu, juga terjadi pelanggaran karena pengendara tidak memiliki kelengkapan surat-surat yang harus dimiliki seorang pengendara, seperti SIM dan tidak memiliki STNK.

“Semua pelanggaran itu diberikan bukti pelanggaran (tilang) dan selanjutnya akan dikenakan sanksi denda,” katanya.

Semua pelanggar akan diikutkan dalam sidang tindak pidana ringan (tipiring) dengan proses cepat di Pengadilan Negeri Kupang.

“Sanksi berupa denda akan ditentukan melalui sidang di PN Kupang,” ujarnya.

Hal yang sama berlaku juga untuk pelanggaran jenis kendaraan lainnya seperti roda empat dan kendaraan berat lainnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Brigjen Endang Sunjaya mengatakan, Operasi Zebra menenertibkan pengendara untuk menekan angka kecelakaan, serta sebagai awal pelaksanaan operasi simpatik bersandi Operasi Lilin, menjelang perayaan Natal.

“Operasi Zebra ini sebagai awal penyelenggaraan Operasi Lilin yang segera dilakukan,” katanya.(*rusdy)