Sambut Ultah Kemenag, STAKN Bersihkan Halaman Masjid Almujahirin

KUPANG , MEDIA GROUP – Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Negeri Kupang mengadakan Hari Amal Bakti (HAB) di Masjid Almudjahirin yang terletak di kelurahan Obufu Kecamatan Oebobo Kota Kupang .

Kerja bakti ini melibatkan semua pegawai yang ada di lingkup STAK Negeri Kupang. Kegiatan HAB ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun (Ultah) kementerian Agama (Kemenag) ke – 69 yang jatuh pada 3 Januari 2015 yang akan datang.

Pelaksanaan kegiatan itu dilakukan untuk mengikat silahturahmi diantara pemeluk agama di Indonesia terutama NTT dan lebih khusus Kota Kupang.

Untuk pelaksanaan HAB tersebut, Kementerian Agama telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) kepada Kementerian Agama di seluruh Indonesia termasuk kemenag wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menghimbau untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat umum dan kemenag diharapkan menjadi contoh yang harus diteladani umat beragama di NTT.

Sebagai tindaklanjut atas instruksi tersebut, STAKN Kupang melaksanakan kegiatan bakto social membersihkan Masjid Almudjahirin di Oebufu Kupang.

Hal ini dikemukakan Rektor STAK Negeri Kupang , Harun Y Nubatonis  SPd, MSi disela-sela kegiatan bhakti social di Masjid Almujahirin, Jumat (5/12) siang.

Kegiatan bhati social itu lanjutnya, selain sebagai tindaklanjut atas instruksi Kemenag juga menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan antar umat beragama di NTT.

“ Yang Kristen kerjanya di Masjid atau Pura dan sebaliknya yang muslim kerja di gereja dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini kerukunan umat beragama yang ada di Kota Kupang dapat di tingkatkan,” jelas Natonis.

Kegiatan HAB ini lanjutnya, dilakukan secara serentak di lokasi-lokasi kegiatan dan dimulai dari pukul 07.00 wita sampai selesai di semua tempat ibadah.

“ Bagi semua unsur yang ada kaitannya dengan Kementerian Agama yang ada di seluruh  wilayah  Indonesia hari ini pelaksanaan kegiatan dilakukan secara serentak. Hal tersebut dilaksanakan sesuai dengan hasil rapat  ( 21/11) yang lalu. Selain keguatan pembersihan tempat ibada ada juga kegiatan Olahraga dan pemberian santunan bagi Panti Asuhan,” kata Natonis.

Semua kegiatan yang dilakukan kemenag dalam berbagai aktifitas kegiatan akan berpuncak pada pelaksanaan  upacara memperingati Ulang tahun kemenag  RI di kantor Kementerian Agama Wilayah NTT.

“ 3 Januari merupakan puncak kegiatan HAByang diselenggarakan di Kantor kemenag NTT dalam bentuk upacara peringatan Ultah kemenag RI. Untuk itu pihaknya (Staken, red) berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan rasa persaudaraan yang selama ini terpelihara dengan baik,” jelas Natonis. (rbt)