AKBP Agus Santoso

Warga Portugal Pengedar Sabu Ditangkap di Perbatasan RI-TL

Media Grup:Zonalinenews, Erende Pos-Kupang-,Joao Cristianto I Pinto Warga Negara Portugal ditangkap saat hendak menyelundupkan Sabu ke Indonesia melalui pintu perlintasan Batugede, Distrik Bobonara, Timor Leste, Rabu 17 Desember 2014 sekitar pukul 09.00 Wita.

Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Timur , Ajun Komisaris Besar (AKB) Agus Santoso mengatakan Joao membawa 800 gram Sabu. Tersangka ditangkap di wilayah Timor Leste (TL) sehingga dibawa kembali ke Dili.

AKBP Agus Santoso

AKBP Agus Santoso

Sesuai laporan yang diterima Polda Nusa Tenggara Timur, Joao tinggal di wilayah Comoro, Dili. Ia ditangkap oleh Bea Cukai Timor Leste saat hendak menyeberang ke Indonesia melalui pintu perlintasan Motaain.

“Pelaku dibawah ke Dilli karena ditangkap saat masih berada di wilayah Timor Leste,” kata Agus, Kamis 18 Desember 2014.

Penangkapan terhadap Joao hanya berselang satu bulan setelah polisi bersama Bea Cukai menangkap jaringan narkoba Nigeria yang menyelundupkan sabu-sabu ke Indonesia.

Jaringan ini terdiri dari lima orang yakni satu orang pengedar asal Nigeria dan empat warga Indonesia sebagai kurir. Jaringan ini beroperasi mulai dari Bangkok melewati Singapura dan melanjutkan perjalanan dengan pesawat udara ke Timor Leste. Dari Timor Leste, para kurir ini menggunakan jalur darat ke Kupang.

Mereka kemudian naik kapal laut melewati Pelabuhan Tenau Kupang ke Surabaya kemudian melanjutkan perjalanan dengan travel ke Jagjakarta dan Jakarta. “Saat ini polisi masih menyelidiki jaringan narkoba yang melibatkan warga negara Portugal tersebut,” jelasnya.

Sementarar Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Atapupu, I Nyoman Ary Dharma yang dihubungi lewat telepon mengatakan belum menerima laporan dari stafnya mengenai kasus tersebut.
“Kami belum menerima laporan dari staf tentang kasus tersebut,” ujarnya.(*ega)