Waspada! Ada Calo Di Samsat Kupang


Media Group : Zonalinenews,Erende Pos-Kupang,– Aksi para calo yang beraktifitas di Kantor Samsat Kupang cukup meresahkan warga yang berurusan dengan kantor tersebut.

Samsat kupang

Pasalnya, sejumlah pegawai yang bertugas di kantor itu kerap menggunakan jasa calo untuk mendapatkan order terutama warga yang mengurus surat-surat kendaraan di kantor itu.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (PPKAD) Provinsi NTT yang ditempatkan di Samsat Kupang Kota kerap berperilaku seperti seorang calo di terminal .

Hal ini terkuak saat wartawan Rabu 9 Desember 2014 menemukan seorang staf PNS PPKAD sedang mengkalkulasikan puluhan map yang berisiskan BPKB maupun STNK di atas meja kerjanya.

Saat wartawan menanyakan pemilik STNK dan BPKB baik kenderaan roda dua, empat dan enam ia mengatakan, bukan surat-surat kenderaan instansi pemerintah atau swasta tapi surat-surat kenderaan yang dititipkan pemiliknya kepada dirinya.

“ Ini surat-surat kenderaan yang dititipkan pemiliknya untuk saya urus,” katanya.

Merasa curiga karena wartawan terus menanyakannya, ia pun meninggalkan wartawan dan masuk ke dalam tempat foto kopi yang ada di kantor tersebut.

Sementara itu, seorang pemuda asal mantasi, Toni Tamonob mengatakan, dirinya menunggu BPKB yang dititipkan pada salah satu staf di kantor itu.

Ia mengatakan, dirinya menitipkan surat kendaraan ke staf di kantor itu karena telat lakukan pembayaran pajak selama beberapa bulan sehingga untuk memudahkan proses pembayaran, petugas di kantor tersebut menawarkan jasa agar proses pembayaran lebih mudah.

“ Namanya sudah bantu kita, kita mengerti dengan orang yang bantu kita, soalnya kalau kita tidak kenal orang dalam susah untuk mengurus proses pembayaran STNK dan BPKB” katanya.

Pantauan media ini, dilihat bahwa system online yang digunankan di samsat kupang masih ada coretan pena dan mesin tik yang digunakan untuk mengisi formulir yang ada dalam BPKB maupun STNK kenderaan. Selain itu, di salah satu bagian di samsat kota Kupang ada tertulis himabuan “ jangan membayar STNK dan BPKB kenderaan lewat Calo” (*chu)