12 Ton Ikan Berformalin DI TPI Oeba Kupang Diamankan Polisi

Media Group : Zonalinenews – Kupang,- sebanyak 12 ton ikan jenis tembang dan ambulau yang berasal dari Kabupaten Fores Timur dan Lembata mengandung formalin diamankan Polisi Resort (Polres) Kupang Kota bersama Dinas Perikanan Provisinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Tempat Penampungan Ikan (TPI) Oeba Kupang. Pantauan Zonalinenews 12 ton ikan jenis tembang adan ambulau  siap di jual oleh nelayan yang sudah dalam Cool Box langsung di amankan  Polres Kupang Kupang pada Operasi ikan berformalin di Kota kupang.

Anggota Polisi Polres Kupang Kota  amankan 6 Ton Ikan di TPI Oeba Kupang

Anggota Polisi Polres Kupang Kota amankan 6 Ton Ikan di TPI Oeba Kupang

Kapolresta Kupang Kota, AKB Musni Arifin SIK kapada wartawan mengatakan , kegiatan operasi ikan berformalin sudah berjalan selama dua hari, dari Rabu 28 Januari 2015 lalu mendapat sebanyak enam ton dan langsung diambil sampel untuk dibawa ke laboraturium. “Apakah ikan – ikan tersebut mengandung formalin atau tidak. Dan ternyata hasil laboraturium sebanyak enam ton semuanya mengandung formalin. Sedangkan hari ini Kamis 29 Januari 2015 pihaknya berhasil mengamankan enam ton ikan, dan dari enam ton itu baru diturunkan dari kapal sudah diambil sampelnya untuk dibawa ke oleh Dinas Perikanan Provinsi untuk diambil hasil laboraturium.

12 ton ikan yang berhasil diamankan menurut Musni, berasal dari dua kapal penangkapan ikan yang berbeda serta  dari kapal ASDP Feri yang berasal dari Kabupaten Flores Timur dan Lembata. Saat ini  para pemilik  ikan ini sudah dipangil untuk dimintai ketegaragan lebih lanjut.

Sementara itu salah satu Pemilik Kapal ikan sekaligus Pengusaha  ikan di Kota Kupang, yang minta namanya tidak dipublikasikan membenarkan hasil sampel dari laboraturium yang dilakukan oleh dinas Perikanan Provinsi NTT ikan – ikan tersebut mengandung formalin. “Kita tidak pernah tau kalau ikan – ikan ini ada mengandung formalin. Pasalnya, ikan – ikan ini di bawa dari Kabupaten Flores dan Lembata. Kita disini apabila kapal kita masuk langsung di jual ke pedangang – pedangang kecil yang berjualan di areal TPI Oeba mau pun pedangang yang berkeliling, “Ungkapnya.

Lanjutnya, terjadinya pengiriman dan pengambilan ikan dari kabupaten Flores Timur dan lembata untuk di bawa ke Kota Kupang pada saat musim barat dan musim timur. “Dua musim ini di Kota Kupang nelayan sangat mengalami kendalan dalam mendapatkan ikan segar , maka dari itu  semua pedangan ikan sini membeli dari saya, di TPI Oeba ini ada beberapa pengusaha ikan jadi bukan hanya saya saja, dan rata – rata ikannya sama seperti saya punya. Saat ini yang baru kedapatan ikan yang mengandung formalin ikan saya dan salah satu pengusahan bernama Moris. Saya yakin pengusaha lain yang belum kedapatan ikannya, saya yakin ikan mereka juga ada mengandung formalin, “paparnya. (*hayer)


TAG