Diduga Ikan Berformalin Beredar Di Pasar Ruteng

Media Group : Zonalinenews-Ruteng,- Ikan yang bereda di pasar Ruteng Kabupaten Manggarai saat ini diduga berformalin, dari hasil uji laboratorium Dinas kesehatan Kabupaten Manggarai menyimpulkan ikan di pasar Ruteng sebagianya mengandung formalin,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai,dr Yulius Weng,M.Kes,Rabu 28 Januari 2016 di ruang kerjanya.

Para petugas Dinas Kesahatan Kabupaten Manggari mengambil sempel ikan di pasar Ruteng

Para petugas Dinas Kesahatan Kabupaten Manggari mengambil sempel ikan di pasar Ruteng

 

Dikatakan Weng , pihaknya sudah melakukan uji coba laboratorim dengan menggunakan enem sample,dari 6 sampel tersebut 5 diantaranya posistif mengandung formalin.

 

“formalin ini bisa membahayakan organ tubuh manusia misalkan iritasi saluran pencernaan,akut dan menyerang organ vital seperti hati dan lainnya.
Weng menegaskan jika konsumen konsumsi kurang lebih 3 mili liter formalin akan berdampak pada kematian,harapanya masyarakat harus jeli memilih ikan, karena formalin sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

 
Weng mencirikan, ikan formalin tidak berwarna merah mudah,tidak dihinggapi lalat dan bentuknya mengkilat,jika ditemukan tipikal seperti ini diharapkan untuk tidak membeli.
Ikan diduga berformalin di pasar Ruteng belum diketahui secara pasti sumbernya darimana,i nformasinya masih simpang siur, tetapi timnya tetap melacak dan mengawas sumber-sumber ikan di pasar Ruteng.

 
“Pemerintah sudah menyampaikan pengumuman melalui Radio Suara Pemerintah Daerah (RSPD) Manggarai agar masyarakat waspada terhadap ikan formalin dan pihaknya sudah memberikan peringatan keras kepada padagang ikan, jika hal ini ditemukan kembali, pemerintah kabupaten Manggarai akan melakukan proses hukum kepada yang bersangkutan,” ungkapnya Weng.(*kons)