Ditolak sebagai Pengelola Parkir, Pello Lapor Walikota Kupang

Media Group : Zonalinenews-Kupang,-Tidak puas dengan pengumuman hasil seleksi pengelolaan parkir di Kota Kupang yang diumunkan oleh Dinas Perhubungan Kota kupang, 8 Januari 2015 lalu , Salah satu pengelola parkir Kota kupang, Fredinand Pello Senin 19 Januari 2015 pukul 09.00 mendatangi ruang kerja Walikota Kota Kupang mengadukan sangahan ke Walikota Kupang serta mengadukan persoalan dugaan ketidakberesan pengelelolaan parkir oleh Dinas Perhubungan Kota Kupang.

Salah satu pengelola parkir Kota kupang Fredinand Pello  dan Kepala Dinas Perhubungan Kota kupang  Erens Leka

Salah satu pengelola parkir Kota kupang Fredinand Pello dan Kepala Dinas Perhubungan Kota kupang Erens Leka

Dikatakannya, dirinya sudah dua tahun (2013-2014) selaku pengelola parkir di Kota Kupang dan tidak pernah melakukan keterlambatan pembayaran retribusi parkir kepada Dinas Perhubungan Kota Kupang . Namum dirinya meresa aneh pada tahun 2015 ini dirinya tidak tercantum sebagai salah satu penegelola parkiran disaat pengumuman. “Saya merasa aneh dengan pengumuman dinas perhubungan yang tidak mengakomodir saya sebagai pengelola parkir tanpa alasan yang jelas,”ungkapnya.

Lanjutnya dalam melakukan seleksi pengelola parkir di Kota Kupang (panitia seleksi) tidak menetapkan kenaikan presentasi atau hasil retribusi yang dilakukan tahun 2014. Bahkan panitia juga tidak menentukan target atau nilai yang dicapai para penegelola parkir .

“Dalam seleksi panitia juga tidak tidak mempertimbangkan kami selaku pengelola parkir yang lama bahkan kami diganti dengan pengelola yang baru yang belum diketahui kemampuan dan kapasitasnya. Dinas perhubungan juga telah memutuskan hubungan kerja secara sepihak kepada kami,”kesalnya.

Lebih tidak masuk logika ungkap Ferdinand , diduga panitia lebih mementingan kepentingan orang atau keluarga tertentu untuk mengelola sebagian parkiran di Kota Kupang.

Namun disayangkan ketika Ferdinand Pello hendak bertemu Walikota Kupang di ruang kerjanya, Walikota Kupang sedang bertugas ke laur daerah. “Bapak Walikota sedang di luar daerah hari kamis 22 Januari 2015 baru bapak tiba dikupang,” Ungkap salah satu staf Walikota Kupang kepada ferdinand Pello.

Akhirnya Ferdinand hanya menitipkan surat sangahannya kepada staf di ruang kerjanya Walikota Kupang untuk disampaikan kepada Walikota kupang bila walikota kupang tiba.

Kepala Dinas Perhubungan Kota kupang , Erens Leka diruang kerjanya Senin 19 Januari 2015 pukul 10.00 wita ketika dikonfermasi wartawan terkait persoalan ini menjelaskan dirinya belum bisa mengomentari masalah ini karana masalah ini telah dilaporkan kepada walikota sampai ada pentunjuk walikota Kupang baru dirinya bisa memberikan komentar.

Setelah didesak wartawan akhirnya Kadis Perhubungan Ernes Leka menyampaikan komentar dengan menyatakan , pihaknya menentukan pengelola parkir agar dapat mengelola parkir berdasarkan nominal nilai penawaran yang diajukan yang bersangkutan. Tender paling tertinggi dijadikan sebagai pemenang karena Dinas Perhubungan menargetkan retrubusi parkir tahun 2015 mencapai 1,4 Milliar rupiah.

“Memang berapa pengelola parkir tidak puas dengan pengumuman hasil lelang beberapa waktu lalu namum pihaknya telah menyampaikan kepada semua pengelola parkir siapa pun yang mengajukan nilai tertinggi pasti akan diakomodir. Lelang yang dilakukan sudah sesuai prosedur dan pasti dalam pengumuman ada yang puas dan tidak puas . Semua prosedur lelang sesuai aturan dan mekanisme ,”ungkap Ernes .

Sejuah ini untuk Jumlah parkiran di Kota kupang Kata Ernes, sebanyak 203 titik pengelola parkir tahun 2015. Saat ini peraturan daerah nomor 15 dan 17 tentang perubahan retribusi parkiran belum disahkan DPRD Kota Kupang dalam proses pengajuan namum dirinya mengatisipasi ketika disahkan DPRD dan penetepapanya , pihaknya sudah melaksanakannya. Saat ini dirinya masih mengunakan tarif lama untuk itu pihaknya telah menyiapkan proses punujakan parkiran berdasarkan hasil lelang dan pegajauan pengelola di tahun 2015 ini .(*rusdy)