GMNI Tolak Pembentukan Propinsi Flores

Media Group : Zonalinenews- Manggarai,- Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Manggarai menolak keras pembentukan propinsi Flores, alasan mendasar pembentukan propinsi Flores di dominasi oleh kepentingan elit. “ faktanya peserta yang hadir dalam tatap muka persiapan pemekaran propinsi Flores (P4F) yang di ketuai oleh Marianus Sae hanya di hadiri oleh kaum-kaum elit, tanpa melibatkan tokoh masyarakat,” kata Fabianus Apur selaku Ketua GMNI Cabang Manggarai Rabu 27 Januari 2015 malam.

GMNI

 

Fabi menjelaskan percepatan pembangunan, seperti yang di utarakan Marius Sae dengan pemekaran propinsi Flores, sangat disesalkan, hematnya untuk percepatan pembangunan dan pendekatan pelayanan dengan cara porsi pelayanan prioritaskan di setiap Kabupaten.

 
“Perlu adanya kajian radix disetiap gerakan, misalkan jika terbentuknya propinsi Flores dengan sendirinya akan ada penambahan-penambahan anggota DPRD tingkat propinsi, pembangunan-pembangunan infrastruktur baru dan hal substansial apakah kita mampu untuk peningkatan pendapatan asli daerah PAD, ” Ungkap Febi.

 
Berbicara pemekaran propinsi menurut Febi tidalah mudah, pihaknya menilai wacana pemekaran propinsi flores diwarnai dengan kentalnya ego sectoral, wilayah, suku dan agama, Melihat kondisi ini, GMNI ngotot utuk menolak pembentukan propinsi Flores.

 
Dari pantauan media ini, Ketua GMNI Cabang Manggarai Fabianus Apur,melarang bupati rotok untuk menanda tangani surat dukungan pembentukan propinsi Flores.

 
Marianus Sae ketua panitia pemekaran propinsi Flores menjelaskan tujuan pemekeran demi kesejahtraan rakyat, pendekatan pelayanan publik, semua ini murni untuk kepentingan rakyat
sudah lama wacana pembentukan propinsi Flores namun sejauh ini belum terealisasi karena setiap kabupaten masih dipolarisasi dengan kepentingan Ibukota propinsinya. “Jangan kita bicara soal itu lagi, penentuan ibukota kita serahkan kepada tim peneliti indepanden untuk memastikan kabupaten yang layak untuk menjadi ibu kota propinsi,” ungakap Marianus. (*kons)