Jonas Salean Resmikan Nama RSUD S. K. Lerik

Media Group :Zonalinenews , Erende Pos – Kupang,- Walikota Kupang Jonas Salean meresmikan nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kupang menjadi RSUD S. K. Lerik, Kamis 8 Juni 2015, pukul 9.00 wita Walikota Kupang Jonas Salean dalam sambutannya mengatakan, sekian lama berdirinya RSUD Kota Kupang belum diberi nama, maka meresmikan nama RSUD Kota Kupang menjadi RSUD S. K. Lerik. “Pemberian nama RSUD Kota Kupang menjadi RSUD S. K. Lerik ini karena sebagai tanda penghargaan dari Pemkot Kupang terhadap jasa – jasa almarhum S. K. Lerik sewaktu menjabat sebagai Kepala Daerah. Selama 22 tahun, dari 1986 Kota Kupang masih sebagai Kota Adminitratif  hingga pada tahun 2006  menjadi daerah otonomi, dan di tahun 2006 – 2007 alamrhum menjabat sebagai Walikota Kupang yang pertama serta jasanya membagun Kota Kupang sangat besar, “ungkap Jonas .

Keluara Almaurhum S.K Lerik foto bersama walikota Kupang di RSUD S.K Lerik

Keluara Almaurhum S.K Lerik foto bersama walikota Kupang di RSUD S.K Lerik

 

Dikatakannya , almarhum SK lerik juga sebagai arsitek Kota Kupang sebagai Kota KASIH, terciptnya Kota Kupang sebagai  Kota KASIH ini sudah sejak Kotif hingga saat , maka dari itu nama RSUD Kota Kupang sebagai RSUD S. K. Lerik adalah penghargaan mengingat jasa – jasa almarhum.

“Semenjak almarhum masih hidup pada tahu 2004 almarhum sudah mempunyai rencana untuk membangun RSUD di derah ini, bahkan pada saat almarhum masih hidup, almarhum juga sempat menyuruh saya untuk membaca aturan – aturan tentang jual beli atau diputihkan Rumah Jabatan untuk almarhum. Dan aturan itu sangat boleh di jual beleikan atau di putihkan karena sesuai aturan paling tinggi 20 tahun berturut – turut pejabat itu berada di Rumah Jabatan, dan aturan juga mengatakan sebelum ada pemutihan kita sudah harus bisa membagun Rumah Jabatan yang baru, ,”Bebernya.

Di tahun 2004 – 2007 lanjutnya , kami bersama DPRD Kota Kupang kita sudah menyiapkan anggaran untuk Rumah Jabatan Walikota dan RSUD, dan akhirnya RSUD bisa terwujudkan. Sangat disayangkan Rumah Jabatan pada saat almarhum sudah tidak menjabat Walikota lagi terdapat tekanan politik sehingga akhirnya sudah sewa beli dan dibayar sebesar 100 juta lebih harus dikembalikan oleh Pemerintah sebelumnya.

“Hal ini harus saya sampaikan agar orang – orang lain tidak mengira kami yang memaksa kehendak sendiri, “Tegasnya.

Sementara itu Ibu Mia Lerik istri dari almarhum S. K. Lerik saat diberikan kesempatan untuk memberi sepatah dua kata, dirinya sangat berterima kasih atas penghargaan yang di berikan Pemkot Kupang ter hadap almarhum dan seluruh keluarga almarhum. “Pengahargaan ini sangat besar dan pengahargaan ini bukan untuk waktu sesaat saja tetapi penghargaan ini bisa dikenang hingga  anak cucu kita di kemudian hari. Momen ini sangat menyentuh saya untuk mengingat kembali pada saat almarhum masih hidup, almarhum hanyalah manusia biasa tentunya ada kelebihan dan kekuranggan dari diri almarhum. Semoga dengan penghargaan nama RSUD S. K. Lerik ini bisa menjadi RSUD yang bermanfaat bagi warga Kota Kupang, “Ujarnya.

kedepan harapnya, RSUD S. K. Lerik ini bermanfaat untuk warga kota kupang untuk pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi, sehingga kedepanya bagi warga Kota Kupang yang sakit serius tidak perlu lagi harus di bawa ke luar daerah seperti Surabaya dan Jakarta. Dengan pelayanan dan peralatan di RSDD S. K. Lerik ini sudah baik warga Kota Kupang sudah tidak terbeban lagi dengan pelayanan kesehan di Kota Kupang seperti saat ini.

 

Aacara Peresmian nama RSUD S. K. Lerik dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang Yeskiel Loedoe dan Wakil Ketua Kris Baitanu beserta anggota DPRD lainnya, esekutif dihadiri oleh Walikota Kupang Junas Salean didampingi Wakil Walikota Kupang Hermanus Man, dan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Kupang Bernadus Benu, Direktur Utama RSUD S. K. Lerik serta seluruh Kepala Setuan Kerja Perangkat Daerak (SKPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang dan dihadiri juga Istri Almarhum mantan Walikota Kupang Samuel Kristian Lerik, Ibu Mia Lerik beserta keluarga.(*hayer)