Perahu Nelayan Kota Kupang kembali Melaut

Nelayan Kota Kupang Kembali Melaut

Media Grup:Zonalinenews-Kupang-, Sejak keadaan cuaca tidak bersehabat selama sepekan aktifitas para nelayanpun di Kota Kupangpun dihentikan,namun hari ini selasa 13 Januari 2015 nelayan Kota Kupang dipastikan kembali melaut, para nelayan  tersebut ditargetkan akan melakukan aktifitasnya hingga pertengahan bulan januari.

Perahu Nelayan Kota Kupang kembali Melaut

Perahu Nelayan Kota Kupang kembali Melaut

“Mulai hari ini seluruh nelayan kembali menamngkap ikan,” kata kepala PPI Provinsi NTT Legi Wiliandri kepada wartawan di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, Dari 90 buah kapal ikan yang ada sekitar 60 buah kapal akan beroperasi kapal penangkap ikan tersebut secara bergantian melaut,”mereka akan bergantian menangkap ikan,” jelasnya.

Dia mengakui, selama ini ikan yang dipasarkan adalah ikan hasil pembekuan hal itu disebakan karena tidak ada pasokan ikan dari para nelayan,”selam ini ikan yang dijual adalah ikan hasil pembekuan,” tegasnya.

Dia merincikan, dalam sebulan nelayan Kota kupang dapat menghasilkan kurang lebih 90 ton diantaranya, ikan tuna,ikan cakalang. dari 90 ton ikan tersebut 15 ton adalah ikan tuna,”Ikan tuna yang di pasok nelayan 15 ton adalah ikan tuna,” tegasnya.

Saat ini lanjut dia, ikan-ikan cakalang maupun tuna sering di dapat dari nelayan-nelayan luar NTT hal itu disebabkan para nelayan kota kupang masih mengangkap  ikan dengan cara tradisional.

Untuk itu ia mengharpakan supaya para nelayan tersebut dapat diberi pelatihan khusus untuk menggunakan peralatan moderen, “Nelayan kota kupang belum bisa gunakan alat tangkap modern,” jelasnya.(*ega)