Pemkab Kupang Siapkan Dana 6 Miliar Untuk Bencana Alam

Media Group : Zonalinenews – Oelamasi,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang di tahun 2015 telah menjiapkan anggaran untuk penagulangan bencana di wilayah Kabupaten Kupang sebesar 6 Milliar. Persiapan dana untuk penangulangan bencana sebeser 6 Milliar oleh Pemeritah sangat mencukupi. Pasalnya, 6 Miliar yang di ambil dari kantong belanja tidak terduga Pemkab Kupang sudah melebih dari standar pemakaian yang hanya 2 Miliar yang sering terjadi. “Bencana alam yang sering terjadi di Kabupaten Kupang adalah bencana alam pada musim hujan seperti banjir, longsor  dan angin puting beliung.  “Kata Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kupang Hendrik Paut kepada wartawan diruang kerjanya, Jumat 23 Januari 2015, pukul 10.30 wita.

Sekda Kabupaten Kupang,Hendrik Paud

Sekda Kabupaten Kupang,Hendrik Paud

Dia mengatakan, bencana alam iyang sering terjadi di Kabupaten Kupang ni memang kita tidak bisa pungkiri lagi karena kondisi alam yang kapan bisa terjadi. Menurutnya, Bencana secara sistem periode yang sering terjadi pada musim hujan di Kabupaten Kupang adalah banjir, longsong dan angin puting beliung. maka dari itu Pemerintah sudah mengambil langkah – langkah untuk mengatasi  dan mengantisipasinya persoalan – persoalan bencana alam tersebut. “Langkah – langkah darurat yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah adalah bantuan yang bersifat darurat seperti pemberian bantuan makanan ringan dan tarpal dan lain – lainnya yang bersifat darurat, sedangkan bantuan untuk paska darurat atau rekontruksi harus dilakukan surve dan penataan lokasi. dan langkah – langkah ini sudah dilakukan, “Kata Hendrik.
Dia mengatakan, untuk langkah – langkah selanjutnya. seharusnya Pemerintah sudah bisa melalakukan langkah pengajuan permintaan tetapi saat ini Pemerintah Kabupaten Kupang masih sibuk dengan  suasana Pelantikan pejabat eselon II, III dan IV lingkup Pemkab Kupang. “Dalam waktu dekat kita sudah bisa ajukan  pengajuan permintaan kepada Bupati Kupang untuk dipelajari dan setelah itu akan diproses pencairan agar penanganan dilapangan bisa di laksanakan, “Ungkapnya.

Titik – titik bencana saat ini yang sudah di ketahui katanya, ada pada Kecamatan  Kupang Timur  dengan masalah penyempitan saluran sunggai sehingga air naik menjadi banjir di daerah tersebut. Maka dari itu peluh diadakan normalisasi sungai , tetapi untuk melakukan normalisasi tentunya tidak pada musim hujan seperti saat ini. “Pemerintah akan melakukan normalisasi sungai pada saat musim panas sehingga tidak mendapat kendala – kendala dilapangan nantinya, “Ujarnya.

Hendrik menjelaskan, sedangkan pada jalan Trans Timor di Desa Takari beberapa waktu lalu jalannya terputus sudah di tangani, sedangkan pada jalur Takari – Lelogama ada dua titik dan secara darurat ada pada peyasahan jalannya sudah di timbun sehingga kendaraan sudah bisa melewati. Sedangkan yang dedikitringkan yang terjadi longsong sehingga mengkis badan jalan ada pada Fatuteta. Maka dari itu segerah harus ditangani secara dini. Sementara di wilayah Kecamatan Amfoang yang terjadi pegikisan bibir sugai saya sudah minta kepada Camat Amfoang perbaikan farurat agar bisa dilewati kendaraan. “Sedangkan untuk mencana angin memang terjadi secara sproradis ada rumah yang rubuh dan menurut laporan sudah ada upaya perbaikan. Kerugian bencana alam yang ada pada Kabupaten Kabupaten Kupang saat ini sekitar 3 Miliar, “Jelasnya. (*hayer)