Program Water Hiba Sesuai Dengan Target PDAM Kota Kupang

Media Group : Zonalinenews , Erende Pos – Kupang,- Target Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kupang pada program water hiba harus diadakan penambahan sambungan sebanyak 1000 unit sambungan baru, sedangkan yang regulernya target penambahan sambungannya sebanyak 750 sambugan baru, sehingga total yang dibutuhkan untuk sambungan baru keseluruhan sebanyak 1750 unit. Sementara itu program water hiba dan reguler untuk pemasangan sambungan baru sendiri sudah mencapai 80 persen, sedangkan pemasangan baru yang sudah mencapi 80 persen ini juga sudah menjadi target kami, dari hasil yang ada sehingga tercapainya  target ini menjadi satu prestasi yang luar biasa, dan sangat memuaskan bagi PDAM Kota Kupang. Hal ini diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Kupang Noldy Mumu kepada wartawan di ruangkerjanya, Jumat 9 Januari 2015, pukul 10.30 wita.

Dirut PDAM Kota Kupang Noldy P Mumu

Dirut PDAM Kota Kupang Noldy P Mumu

Menurutnya, terlaksananya program ini ada campur tangan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang yang sudah sudah disetujui pada saat sidang penetapan anggara DPRD Kota Kupang beberapa waktu lalu. Dan teryata program  ini  bukan sekerdar mendapat campur tangan dari Pemkot Kupang dan DPRD Kota Kupang saja, tetapi program water hiba mendapat dukungan yang sangat besar dari Pemkot Kupang dan DPRD Kota Kupang.

“Program water hiba ini dananya di gunakan untuk pemasangan  jaringan sekunder tersiar yang terdiri dari pipa dua dim dan pipa satu dim. “Jelasnya.
Sambung pipa dua dim dan satu dim nantinya kata Noldy , akan disambung untuk direlisasikan pada pelanggan PDAM Kota disetiap rumah. “Diharapkan pada bulan Januari ini target , bisa dicapainya, namun apabila target ini tidak meningkat lagi di bulan Januari dia hanya tetap pada 80 persen saja, kita sudah sangat bersyukur, karena 80 persen ini suatu prestasi yang luar biasa untuk progam ini.  Apa bila ada penambahan pelangan ke depan sejumlah 1300 – 1400 pelanggan yang baru dan itu artinya suatu target yang sangat siknifikan. Artinya,  PDAM Kota Kupang mencapai Over Areal, “Ujarnya.

Dia menjelaskan, di tahun 2015 program water hiba akan di masukan pada tahap selanjutnya, sedangkan nantinya PDAM Kota Kupang akan meneruskan program air pintar yang sudah sudah dilaksanakan pada awal tahun 2013 lalu, sementara ditahun ini hanya masuk pada tahap implementasi. “Program air pintar sudah masuk pada tahap kedua yaitu, pada tahap sosialisasi dan identifikasi sub zona calon implementasi. Dan bahkan tahun ini kita akan masuk pada  implementasi sistem, baik sistem hardward maupun softward, dan setelah di implementasi baru kita bisa masuk pada raning teks, “Katanya. Lanjunya, raning teks kemudiannya  baru bisa mengarah kepada kesimpulan pragram, dan artinya layak secara teknis untuk di launcing atau tidak.  Secara analisis saat ini kendala yang akan dihadapi adalah yang berkaitan dengan sistim teknik, “Katanya. (*hayer)