Pemasangan Pipa di Kecamatan kupang timur

Warga Naibonat Keluhkan Pekerjaan Pipa oleh CV. Ady Karto

Media Group : Zonalinenews – Oelamasi,- Warga  Kelurahan Naibonat Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang mengeluh dengan adanya  Pekerjaan  Pemasangan Pipa Pengembangan Air bersih yang dikerjakan oleh CV. Ady Karto hingga saat ini tak kunjung selesai. Pekerjaan ini sudah sejak tahun 2014 yang lalu kenapa hingga saat ini ditahun 2015 tetapi pekerjaannya belum selesai juga. Hal ini disampaikan tokoh masyarakat Kelurahan Naibonat Rt 56/ Rw 34 Anus Sinlae kepada wartawan dikediamannya, Selas 13 Januari 2015, pukul 14.30 wita.

Pemasangan Pipa di Kecamatan kupang timur

Pemasangan Pipa di Kecamatan kupang timur

Menurutnya, seluruh warga di Kelurahan Naibonat merasa binggung dengan cara kerja CV. Ady Karto. “Kita bungung saja seharusnya kerjaan ini sudah selesai, dan apabila pekerjaan ini selesai maka warga semua bisa menikmati air bersih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan, kita tidak perlu lagi mengali sumur untuk kebutuhan air bersih kita sehari – harinya, “Tegasnya.

Dia mengatakan, jalannya pekerjaan ini pada 2014 yang lalu pipinya sudah terpasang dan tinggal di alihkan pipa yang menjadi kebutuhan warga di setiap rumah . Pekerjaan ini sendiri dilakukan pada bulan Oktober 2014 lalu, namun pada saat berjalannya kegiatan pekerjaan , tiba – tiba pada bulan Desember 2014 pekerjaan ini di hentikan. “Masuk bulan Desember kita sudah tidak melihat lagi aktifitas pekerjaan. Pekerjaan ini seolah – olah ditinggalkan begitu saja, dan yang anehnya lagi pada saat usai penanaman pipa yang di galing di bagian jalan umum itu tidak ditutup lagi dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan pipa patah karena di injak kendaraan roda dua maupun roda empat yang melintasinya. Pekerjaan ini sangat sembarangan, “Katanya.

Dikatakan, menurut informasi pemilik pekerjaan ini adalah Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kupang. “Kita berharap agar dinas bisa menindak lanjuti perusahaan tersebut yang kerjanya tidak amburadul, dan kami berharap juga apa bila perusahaan tersebut nakal dalam melakukan pekerjaan Dinas yang berkaitan bisa mengambil tindakan dangan PHK saja perusahaan tersebut, sehingga Dinas terkait bisa melanjutkan pekerjaan ini agar kita warga Naibonat bisa mendapat air bersih untuk kebutuhan rumah tangga sehari – hari, “Paparnya.

Pekerjaan pemasangan pipi ini katanya, seperti pekerjaan dana siluman saja. pasalnya perusahaan yang melakukan pekerjaan sangat tidak bertanggung jawab dengan apa yang sudah dikerjakan, “Pada saat kerja saja kita warga disini tidak pernah di informasikan, dan yang anehnya lagi begitu melakukan pekerjaan warga diminta pungutan untuk membayar pipa yang mengarah ke rumah – rumah. Pekerjaannya saja tidak jelas sudah minta pemungutan. Kelakuan ini sangat tidak terpuji, mereka pikir kita warga Naibonat ini mungking warga yang buta huruf, tidak mengerti apa – apa, “Katanya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (PLT)  Kepala Dinas PU Kabupaten Kupang Stev Lay dikonfrimasi diruang kerjanya mengatakan proses pekerjaan tersebut terpaksa dihentikan karena kontraktor CV  Adi Kato di PHK, oleh karena tidak mampu kerjakan pekerjaan tersebut sehingga semua pipa tersebut akan dijadikan sebagai aset daerah.” Sudah jatuh tempo pada 12 desember lalu, tetapi kontraktor baru mencapai 100 persen sehingga untuk tidak mengambil resiko dinas memutuskan CV tersebut diblak list,”katanya.

Dia menjelaskan sebelum di lakukan PHK dinas telah memberikan teguran sesuai tahapan yang sesuai aturan yang berlaku, namun sampai pada tanggal jatu tempo pencapaian baru 51 persen, dan untuk tidak berdampak hukum dikemudian hari makan di lakukan PHK.” Saya tidak mau ambil resiko, karena itu diambil tindakan tegas untuk putusakan, dan keberlanjutan pekerjaan akan dilakukan pada anggaran baru, “Katanya. (*hayer)