4.319 Siswa di Ende Siap Hadapi Ujian Nasional

ZONALINENEWS-ENDE,- Apapun hasil yang diperoleh dari ujian tryout, 4.319 peserta yang terdiri dari SMA dengan peserta 3.192 orang dan SMK dengan peserta 1.127 orang siap menempuh  Ujian Nasional. Demikan diungkapkan Sekretaris Dinas Pendidkan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ende Maria Margareta Pe konfirmasi di ruang kerjanya Jumat 20 Februari 2015.

 

KANTOR DINAS PPO ENDE

KANTOR DINAS PPO ENDE

Dikatakan Maria , tryout dilaksanakan guna melakukan langkah uji coba peserta sebelum mengikuti ujian nasional. Program ujian tryout ini, merupakan program tryout kabupaten dan dalam penyelenggaraan tryout dilaksanakan pada tanggal 26 – 28 sudah dijalankan di bulan januari bahkan seluruh hasil ujian tryout sudah diketahui oleh sekolah se-kabupaten ende dan hasil ujian tryout sudah di setorkan dan masukan ke dinas PPO.

Pada Kesempatan tersebut Kepala Seksi SMK Marselinus Nilan Dala menjelaskan untuk SMK dengan total peserta 1. 127 orang dengan rincian laki – laki 640 orang pesrta dan perempuan 487 orang peserta yang mengikuti ujian tryout sudah dilakukan mulai dari ujian tryout tahap satu (1) tertanggal 26 – 28 januari dan tahap dua (2) tertanggal 2 – 4 februari.

Menurut Marsel , dalam pemeriksanaan hasil ujian tryout mulai dari ujian tahap satu dan dua telah dilakukan pemeriksaan hasil ujian tryout secara manual oleh setiap sekolah menengah kejuruan atau SMK.

Ia menambahkan bahkan seluruh hasil ujian tryout sudah diketahui oleh masing – masing sekolah menengah kejuruan, dan hasil ujian tryout sudah di setorkan ke dinas, hanya dinas belum melakukan rekapan hasil perengkingan.

Dikatakan Marselinus Nilan Dala, tujuan dari tryout merupakan langkah percobaan untuk menghadapi ujian nasional (UN), namun dirinya meyakini dari pemeriksaan manual yang diperiksa setiap sekolah khususnya SMK , pihaknya sudah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari siswa/i dalam mengerjakan seluruh soal ujian tryout. “Setiap penilaian yang tidak memenuhi standar nilai maka dari sekolah dapat melakukan ujian remidial,” ujarnya.

Bagian Sekertaraiat SMA Dinas PPO Kabuoaten Ende , Fransiska Sare pada kesempatan itu mengatakan, untuk SMA yang terdiri dari 3192 orang peserta dengan rincian laki – laki 1484 orang dan perempuan 1.708 orang. Peserta ujian nasional yang mengikuti ujian tryout sudah dilaksanakan  dan pelaksanaanya dilakukan hanya satu kali saja terhitung sejak tanggal 26  – 28 januari lalu, dan soal hasil semuanya sudah diserahkan dari sekolah masing – masing. (*rian)