8 Milliar Omset Credit Union Imacullatta Atambua

Media Group : Zonalinenews-Belu ,- Kamis 19 Februari 2015 Credit Union Imacullatta Atambua mengelar Rapat Anggota Tahunan (RAT), tahun Buku 2014, acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Menengah Kecil (UKM),Kabupaten Belu,Propinsi NTT , Drs. Hasan Mukin.

Credit Union dengan 3 prinsip dan sistem koperasi Credit Union Imacullata akan terus melebarkan sayapnya, bahkan di tahun 2014 omzetnya mencapai Rp 8.029.352.608 dengan jumlah anggota sebanyak 2000 orang.

RAT Credit Union imaculla Atambua

RAT Credit Union imaculla Atambua

Pada acara RAT, Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Menengah Kecil (UKM),Kabupaten Belu,Propinsi NTT , Drs. Hasan Mukin dalam menyampaikan sambutan pembukaannya digedung SMA Surya Atambua mengatakan koperasi membangun kesejahteraan.

Lanjutnya, dengan adanya UUD Koperasi Nomor 25 tahun 1992 tentang Koperasi dan setiap koperasi merupakan perintah dan amanah dari koperasi , dengan dasar anggaran rumah tangga dan pemerintah berhak mengawasi setiap koperasi yang memiliki legalitas hukum , bila koperasi mengalami perubahan, maka pemerintah memberikan teguran, sehingga anggota yang berhimpun di lembaga merasa aman dan yaman atau simpanannya. “Persoalan yang sering terjadi seperti koperasi harian, bukan karena paksaan atau rentenir namun karena kesepakatan sehingga ada transasksi, untuk itu setiap koperasi harus ada legalitas hukum yang jelas,”katanya.

Ketua badan pengurus Credit Union Immaculata, Theresia Noeman,S.Ag pada kesempatan itu mengatakan, kekuatan bisa di bangun dengan anggota sehati sesuara serta satu pikiran sehingga CU Immaculata sebagai motifasi untuk membangun kesejahteraan masyarakat dan kedepan .

“CU ini terus maju dan kedepan, CU Immaculata akan terus maju terus, merekrut dan membina anggota masyarakat dengan membangun kesejahteraan. Selain simpan pinjam ada juga prodak matak malirin yang saat ini di rubah menjadi simpanan hari tua dan juga prodak matenek menjadi simpanan pendidikaan . “CU sudah membuka simpanan kelompok tenun ikat dan juga menjahit. Setiap anggota yang masuk, harus mengikuti pendidikan selama 6 bulan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, persyaratan untuk masuk menjadi anggota harus menyiapkan KTP, pas foto 3×4 serta pendaftaran masuk anggota sebesar Rp 250.000, dengan besar pinjaman bunganya akan di kenakan dua persen dari pinjaman pokok yang ada. “Setiap anggota juga melampirkan ahli waris sebanyak 5 orang , jika salah satu anggota yang bersangkutan sakit ,atau celaka maka akan di kenakan asuransinya, dan sampai saat ini anggota yang sudah bergabung di CU Immaculata dari tahun 1992 hingga saat ini mencapai 384 orang Anggota . dengan jumlah simpanan di tahun buku 2014 mencapai angka sebesar Rp 8.029.352.608. dengan aset bersih Rp 2.953.905.083 hingga mengalami kenaikan 100,69 persen dengan surplus hasil usaha tahun buku 2014 mencapai Rp 337.929.081,”katanya.

Ia berharap kedepan laba lebih meningkat sehingga masyarakat pada umumnya sudah bergabung di CU , sebab CU ini bukan hanya untuk kalangan PNS saja, namun juga bagi masyarakat umum,semoga CU tetap menjadi sehati sesuara membangun kesejahteraan bersama. (*mery)