Amfoang Merupakan Wilayah Strategis Nasional

ZONALINENEWS – OELAMASI,- Sesuai undang – undang nomor 23 tahun 2014 bahwa terdapat syarat mutlak bagi sebuah wilayah untuk dijadikan sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB). Persyaratan dasar yang terdiri dari persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan dasar kapasitas daerah dan persyaratan administratif, disamping itu wilayah Amfoang merupakan wilayah strategis nasional karena bebatasan langsung dengan Negara Republik Democratic Timor Leste.

Wakil Bupati Kupang Drs Korinus Masneno dalam sambutannya pada acara  rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  Kabupaten Kupang pembentukan DOB Malaka

Wakil Bupati Kupang Drs Korinus Masneno dalam sambutannya pada acara rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kupang pembentukan DOB Malaka

Berbicara menyangkut persyaratan dasar wilayah, terdapat beberapa aspek yang wajib dipenuhi seperti luas wilayah minimal sedangkan persyaratan dasar kapasitas daerah menyangkut aspek geografi, demografi, Sosial politik , potensi ekonomi keuagan serta kemampuan penyelengaraan pemerintah. Demikian disampaikan Wakil Bupati Kupang Drs Korinus Masneno dalam sambutannya pada acara  rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang dalam rangka pembahasan keputusan DPRD Kabupaten Kupang tentang pembentukan Kabupaten Amfoang di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Kupang Oelamasi, Kamis 26 Februari 2015 pukul 11.30 wita.

Persyaratan administratif berkaitan dengan dukungan politis lanjut Korinus, kelengkapan administrasi persiapan calon DOB yang akan dibentuk. Bagi Korinus, untuk mewujudkan maksud yang mulia tersebut maka sebagai langkah pertama, mari bersama membangun suatu hubungan yang harmonis antara pimpinan serta seluruh anggota DPRD yang terhormat dengan pemangku kepentingan ditingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang guna menghasilkan suatu keputusan bersama untuk meneruskan aspirasi pemekaran Amfoang menjadi calon persiapan DOB. “Terhadap keinginan dari tokoh masyarakat Amfoang untuk memekarkan wilayah Amfoang menjadi calon persiapan DOB maka Pemerintah kabupaten Kupang memberikan apresiasi serta mendukung mendukung sepenuhnya keinginan tersebut, “katanya.

Dikatakannya, Pemkab Kupang juga mengucapkan terima kasih serta  apresiasi kepada Dewan yang terhormat terkait dengan perhatian yang besar atas aspirasi masyarakat Amfoang untuk memekarkan Amfoang menjadi kabupaten sendiri. Tentunya dengan harapan akan membawa dampak perubahan kearah yang lebih baik bagi masyarakat Amfoang. “Hal ini sudah sejalan dengan apa yang menjadi cita – cita Pemkab Kupang sebagaimana yang tertuang dalam visi misi Pemkab Kupang khususnya misi yakni mengembangkan budaya politik dan sistem Pemerintah Daerah yang berorientasi kepada kepantingan rakyat, “ungkap Korinus. (*hayer)


TAG