AMMAPAI KUPANG RAYAKAN DIES NATALIS KE -33

ZONALINENEWS-KUPANG,- Kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Menengah (LKTM) Angkatan Muda Mahasiswa Pelajar Asal Ile Ape (AMMAPAI) Kupang periode 2014/2015, yang berlangsung mulai dari tanggal 16 februari 2014 akhirnya resmi ditutup Sabtu, 21 Februari 2015 pukul 19.00 wita. Acara penutupan LKTM ini dipadukan dengan perayaan Dies Natalis AMMAPAI Ke – 33 tahun yang bertempat di Sekretariat AMMAPAI, Jalan Kika Ga, RT.22, RW.10 Walikota Baru – Kupang.

Pemotongan kue HUT  ke- 33 AMMAPAI

Pemotongan kue HUT ke- 33 AMMAPAI

Latihan Kepemimpinan Tingkat Menengah (LKTM) Angkatan Muda Mahasiswa Pelajar Asal Ile Ape (AMMAPAI) Kupang periode 2014/2015 ditutup oleh salah satu anggota tim Konsultan AMMAPAI, Linus Lusi, yang juga merupakan Kepala Bidang Pengembangan Pemuda di Dinas Pemuda dan Olaraga Provinsi NTT. Kegiatan LKTM dan Dies Natalis ini mengambil tema “ Melalui Kepemimpinan Tingkat Menengah & Dies Natalis ke – 33, Kita Tingkatkan Kader yang Produktif, Visioner & Populis”.

Ketua Panitia LKTM dan Dies Natalis ke -33, Basilius Fransisco Hugu dalam laporan kepanitiaan mengatakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Menengah (LKTM) bertujuan untuk membina , melatih serta membentuk kader yang memiliki kemampuan manajerial, memiliki rasa tanggung jawab, sikap mandiri, jiwa kewirausahaan, sikap yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil serta berpikir ilmiah.

Sementara itu, Ketua Umum AMMAPAI Kupang, Igo Halimaking dalam sambutannya menegaskan organisasi merupakan salah satu kekuatan kontrol yang secara organisatoris menunjukkan peran strategis baik secara internal dalam perhimpunan maupun tanggapan dan keterlibatan riil terhadap realitas sosial.

Igo menambahkan bahwa sebagai kader pemimpin masa depan, penting untuk membekali diri dengan hal-hal yang berguna sehingga semakin memperkuat integritas diri dan eksistensi perhimpunan.

“Kegiatan ini menjadi locus penyatuan persepsi untuk membangun komitmen moral dan realisasi gerakan dalam ranah praktis. Sangat diharapkan, LKTM ini mampu menciptakan pola pikir kader yang produktif, visioner dan populis untuk menjawabi kebutuhan masyarakat melalui kebijakan pro rakyat,” tegasnya.

Igo mengajak momentum LKTM dan Dies Natalis ini dijadikan sebagai ruang untuk melatih diri agar punya rasa solider serta respon dengan masalah-masalah sosial, juga membentuk kreativitas diri agar bisa bersaing.

Sementara Linus lusi dalam sambutan mengatakan organisasi AMMAPAI diusianya yang ke 33 tahun harus berkomitmen dan tekad yang sama untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu Indonesia yang merdeka, bersatu dan berdaulatan adil dan makmur.

“ Sudah 33 tahun umur AMMAPAI, maka diminta kepada kader-kader AMMAPAI agar peka dengan situasi sosial, untuk mendobraK keadilan dan kebenaran,” ajak Linus.

Linus menambahkan berorganisasi juga penting namun jangan melupakan dan kuliah. Menurutnya aktivitas kuliah dan organisasi yang saling terkait dan terintegrasi.

“Ada tiga hal yang harus diperhatikan agar dapat tetap aktif berorganisasi tanpa melalaikan kewajiban belajar sebagai mahasiswa. Yaitu tahu bagaimana memposisikan kuliah dalam hidup, mengenal karakter organisasi yang akan diikuti, dan tahu akan kemampuan diri,” jelas Kabid Pengembangan Pemuda pada DISPORA NTT ini.

Untuk diketahui Angkatan Muda Mahasiswa Pelajar Asal Ile Ape (AMMAPAI) Kupang, merupakan organisasi kepemudaan yang berasal dari kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata. Organisasi ini didirikan pada tanggal 21 februari 1982. Organisasi ini di didirikan oleh Lorens Lusi (alm), Daniel Demong Hurek, Hendrik Mosa Langobelen, Majid Lamahoda, dan Goris Lewoleba. (*mkg)


TAG