Angka Laka Lantas Di Kota Kupang Semakin Tinggi

ZONALINENEWS – KUPANG,- Angka Kecalakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) di Kota Kupang semakin tinggi sehingga dengan adanya kerja sama antara Siloam Hospital Kupang, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Polres Kupang Kota, bisa mempercepat penanggulagan korban kecalakaan. Maka dari itu sesuai dengan SOP kami penaganan pertama adalah menyelamatkan korban kecalakaan.

kerja sama antara Siloam Hospital Kupang, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Polres Kupang Kota

kerja sama antara Siloam Hospital Kupang, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Polres Kupang Kota

“Penaganan yang kami lakukan  tidak melihat dia adalah pelaku atau korban, tetapi yang kita utamakan adalah adalah menyelamatkan nyawa manusia yang terlibat langsung dalam kecalakaan itu, “kata Kapolres Kupang Kota AKBP, Musni Arifin dalam sambutannya pada acara Penanda Tanganan Perjanjian Kerjasama Penaganan Korban Dan Penyelesaian Santunan Kecalakaan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Terpadu antara  Siloam Hospital Kupang, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang NTT dan Polres Kupang Kota diruang rapat Siloam Hospital Kupang, Senin 23 Februari 2015 pukul 10.00 wita.

Acara penandatanganan kerja sama dihadiri oleh Kapolres Kupang AKBP M. Lingga, Kasat Lantas Polres Kupang Kota AKP Randy Asdar S. Kom, Kasat Lantas Polres Kupang IPTU Ade Erna. Hadiri Pula Direktur Utama (Dirut) Siloam Hospital  Dr. Nickolas Eksekutif Direktur Dr. Nana Hasan serta Kepala PT Jasa Raharja Persero Cabang  NTT Samuel Winarko Talahatu.

Kapolres Kupang Kota AKBP Musni Arifin mengatakan, kecalakaan lalu lintas di wilayah Kupang Kota hampir setiap harinya sudah pasti ada kecalakaan. Dengan berbagai akibat baik korban materi, korban luka – luka ringan, luka luka berat hingga meningal dunia. “Penyeba kecalakan yang sering terjadi di Kupang Kota ini karena ugal – ugalan pengemudi, kebut – kebutan, dalam keadaan mabuk tetapi masih mengendarai kendaraan dan hal – hal kelalaiannya yang bersifat tidak kontol sehingga menjadi tingga angka kecalakan di Kupang Kota, “katanya.

Dikatakannya, dengan adanya penandatanganan kerja sama ini tentunya lebih memudahkan penaganan untuk korban kecalakaan. Fungsi adanya kerja sama, ini agar korban kecelakaan yang barada pada wilayah dekat dengan Siloam Hospita, tentunya kita langsung membawa korban untuk mendapat penaganan medis di Siloam Hospital saja. “Kita tidak perlu lagi membawa korban ke RS Bayangkaran atau RS yang lain dan yang lebih jauh sehingga pertolongan terhadap korban bisa terselamatkan. Sedangkan apa bila harus di bawa k RS yang lebih jauh akan menambah resiko yang lebih fatal lagi,”ungkap Musni.

Ia menjelaskan, usai penantadaganan ini dirinya akan perintahkan bawahanya yang di bagian lalu lintas apa bila ada korban kecalakaan agar untuk menagani setiap kali ada kecalakaan harus di arahkan ke Siloam Hospital. “Arahan ini agar dapat bisa menangulagi  korban kecalakaan yang mengalami luka ringan, luka berat atau korban mati bisa lebih berkurang, “jelasnya. (*hayer)