Astrea dan PMI Belu Bagi Kacamata Gratis

MEDIA GROUP –ATAMBUA,- Pemeriksaan Mata dan Pembagian Kacamata untuk anak Indonesia dilakukan oleh PT Astrea Internasional yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Pusat, Provinsi dan Kabupaten Belu, Sabtu 14 Februari 2015.

PT Astrea dan PMI Saat Melakukan Tes Mata Terhadap Anak-Anak SD Fatubanao.

PT Astrea dan PMI Saat Melakukan Tes Mata Terhadap Anak-Anak SD Fatubanao.

Kegiatan yang disponsori Astrea International ini memilih tema Melangkah Maju Bersama Indonesia, membagikan 1500 kecamata kepada siswa Sekolah Dasar yang ada di tiga kecamatan  dalam kota Atambua.

Anak-anak pada dasarnya tidak mengetahui kalau terkena penyakit mata sehingga dengan adanya program kerja yang dilakukan oleh PT Astrea dengan membagikan kacamata bisa normal,

Sekerataris Lurah Manumutin, Mateus mengharapkan kepada PT Astrea International untuk menangani semua penyakit bisa diatasi jangan hanya bergerak di bidang kesehatan khususnya mata. Tapi masih ada penyakit-penyakit lain yang diderita masyarakat.

Penyerahan Kacamata Simbolis diberikan kepada Kepala Sekolah SDN Fatubanao, yang jumlahnya 1500, dan akan dibagikan kepada seluruh siswa SD sekabupaten Belu, setelah ada pemeriksaan mata dari PMI dan dinas kesehatan. Selain penyerahan Kacamata, PT Astrea dan PMI Pusat juga menyerahkan paket buku Kepada SD Nunfuak

Diamini juga oleh Marselus salah satu Kepala Sekolah yang hadir, memberikan apresiasi kepada Palang Merah Indonesia (PMI), Marselus juga memberikan saran karena selain sehat mata, PMI dan PT Astrea diminta untuk menjalin kerja sama dalam sehat pendidikan, selain sehat mata. Dan diharapkan membuat MOU untuk 1.500, anak yang mendapatkan kacamata, apadaya sehat mata tapi sehat pendidikan tidak diperhatikan.

Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Belu Bonna Boe, merasa kecewa dengan tanggapan pemerintah terhadap PMI, dan sangat tidak santun kalau PMI pusat datang, tapi pemerintah tidak ada respon sama sekali. Walaupun pemerintah tidak menanggapi PMI namun  Misi PMI di kabupaten belu tidak akan surut.

Lanjutnya Bonna, sejak menjadi ketua PMI di Belu belum pernah ada bantuan sepersen pun dari Pemda Belu, tapi  PM tetap eksis hingga saan ini, demi generasi sehat.

Yovita Mitak, Ketua PMI Provinsi NTT menyampaikan salam hangat yang dititipkan Ketua PMI Pusat H. Jusuf Kalla, kepada PMI Kabupaten Belu dan Pemerintah Daerah, demi menciptakan generasi mudah yang cerdas, sehingga Haji Jusuf Kala, melakukan kerjasama dengan PT Astrea dalam  Melaksana longseng program, karena Matta adalah jendela hati.

Pimpinan PT Astrea Riza Deliansyah, memberikan surprise kepada Pemerintah Daerah khususnya PMI Kabupaten Belu Atambua, PT Astrea selain bergerak pada bidang kesehatan juga pada bidang lingkungan, Pendidikan baik dasar, menengah dan atas serta perguruan tinggi dan UKM.

Lanjutnya Deliansyah, PT Astrea berkomitmen dengan sosial media, dengan melakukan komitmen sehat. Kita juga mencari tahu kebutuhan pendidikan yg ada di kabupaten Belu. Dirinya berharap mudah-mudahan dengan adanya program ini bisa mencerdaskan anak-anak di kabupaten Belu.

Pada kesempatan itu  Kepala Dinas  Kesehatan Dok. Theresia Saik menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepedulian dari PT Astrea dan PMI Kabupaten Belu, karena penglihatan dapat menimbulkan kreatifitas anak.

Diakuinya, khusus vitamin A pada anak di kabupaten Belu masih kurang, disini masih lebih baik karena memiliki sayuran hijau, dan persoalan kesehatan bukan hanya mata, masih ada penyakit menular lain sperti diare, stanting/ pendek. Sejauh ini  kementrian kesehatan menggunakan dana Hibah dri Belanda akan menyelesaikan standing,

Lanjutnya, Dinas Kesehatan mengharapkan kesehatan Anak yang kemudian terlahir bisa lebih baik dari yang sekarang. Persoalan kesehatan lain juga harus diperhatikan oleh Astrea maupun PMI. (*Davidson)