Barang Bukti Diduga Akan Diselundupkan Ke Negara Tetangga

Media Group : Zona line news – ATAMBUA,- Selain aksi penyelundupan BBM  yang kian meningkat,  ada juga berbagai aksi penyelundupan lainnya yang semakin marak,  seperti penyelundupan  pencurian kendaraan bermotor  atau curanmor.  Aksi pencurian kendaraan bermotor  khusus sepeda motor hingga kini terus meningkat, adapun sindikat-sindikat tersebut telah membuka jaringannya hingga ke negara tetangga Timor Leste.

Barang bukti sepada motor

Barang bukti sepada motor

Kebanyakan sepeda  motor hasil curian didatangkan dari luar kabupaten Belu, bahkan ada juga dari pulau jawa dan hasil  pencurian sepeda motor dari berbagai sindikat tersebut langsung diselundupkan ke Timor Leste.

Kapolres Belu Raja Sinambela, yang diwawancarai wartawan di Atambua Senin, 16 Februari 2015 mengatakan, selain bertugas mengamankan wilayah indonesia, pihaknya juga akan mengamankan berbagai aksi penyelundupan yang melanggar peraturan. “Sejak bertugas di Polres Belu, selalu melakukan operasi secara terpadu. Jika dalam operasi itu ditemukan ada upaya penyelundupan maka kita gagalkan dan tangkap,” ucapnya.

Dikatakan terkait maraknya sejumlah aksi penyelundupan sepeda motor ke Timor Leste dikatakan, untuk aksi penyelundupan kendaraan bermotor pihaknya juga sedang fokus. Persoalannya aksi tersebut telah merugikan banyak masyarakat yang kehilangan, juga yang melakukan karena terjerat dengan hukum. “Ada beberapa aksi penyelundupan yang dalam operasi terpadu kita amankan dan  sampai dengan sekarang sudah sekitar puluhan sepeda motor yang kita amankan saat mau diselundupkan,” papar Sinambela.

Dia menjelaskan, pekan lalu ada empat unit sepeda motor yang mau diselundupkan berhasil digagalkan dan diamankan pihaknya di perbatasan pintu Mota’ain. Tentunya penggagalan aksi penyelundupan tersebut merupakan kerja keras pihaknya selama ini baik dalam mengumpulkan berbagai informasi maupun dalam operasi terpadu.

“Minggu lalu kita berhasil amankan empat unit motor yang akan di selundupkan lewat Mota’ain. Untuk itu operasi terpadu di setiap pos-pos perbatasan dan setiap garis kita tingkatkan terus untuk menggagalkan aksi penyelundupan motor juga yang lainnya,” ungkapnya.

Sebagai Kapolres di perbatasan RI-RDTL yang memantau di setiap garis perbatasan, tidak boleh lengah atas berbagai tindak penyelundupan diperbatasan. Pihaknya akan selalu waspada dan tingkatkan penjagaan terhadap aksi penyelundupan. “Semua anggota Satgas Kala Hitam yang bertugas sudah saya ingatkan agar tidak yang  boleh lengah atau melindungi pelaku penyelundupan. Apabila ditemukan ada aksi yang ilegal,  maka langsung ditahan dan diamankan,” pungkasnya. (*David )