Belum Ada Penasehat Hukum Sidang Blokade Bandara So’a Ditunda

ZONALINENEWS, BAJAWA- Sidang kedua dengan agenda pemeriksaan saksi perkara kasus blokade Bandara Turelelo ditunda Dewan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bajawa Flores atas permintaan para terdakwa yang belum didampingi kuasa hukum pada agenda siding kedua kali ini. “Sampai dengan hari pelaksanaan sidang kedua ini, 23 terdakwa belum mendapat kuasa penasehat kuhum guna mendampingi para terdakwa dalam persidangan. Mereka mengajukan penundaan sidang dan sesuai amanat KUHAP, pengajuan diterima oleh Dewan Majelis setelah menanyakan persetujuan bersama Jaksa Penuntut Umum. Selanjutnya sidang dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi, akan digelar pekan depan”, tegas Ketua Majelis Persidangan Kasus Bandara Turelelo Soa.

Ketua Jaksa Penuntut Umum, Rahardjo Budi Kisnanto

Ketua Jaksa Penuntut Umum, Rahardjo Budi Kisnanto

Pantauan media, 23 Februari 2015, pembacaan penundaan sidang sempat molor sekitar dua jam, sebagaimana rencana awal persidangan dijadwalkan dimulai Pukul. 10.00 wita namum diundur ke Pukul 12.00 waktu setempat. Sementaraitu Ketua Jaksa Penuntut Umum, Rahardjo Budi Kisnanto kepada media menyatakan JPU menerima pengajuan para terdakwa yang disampaikan di muka persidangan mengacu amanat KUHAP yang mengatur tentang hak-hak para terdakwa dalam semua tingkatan perkara.

“Karena Penasehat Hukum belum siap dengan surat kuasanya, maka kami menyetujui pengajuan penundaan sidang yang dikemukakan para terdakwa di hadapan Majelis Hakim dalam ruang persidangan. Hal ini sesuai Pasal 54 dan Pasal 56 KUHAP yang menyatakan para terdakwa harus didampingi penasehat hukum dalam semua tingkat pemeriksaan,”tegas Kajari Bajawa, Rahardjo Budi Kisnanto. Sidang pemeriksaan saksi akan digelar kembali pekan depan, tanggal 2 Maret 2015. (*iwn)