Kondisi jalan  Raya Boanawa rusak parah

Genangan Air Menutupi Badan Jalan Raya Boanawa, Pemda Ende “Hanya Janji”

Media Group –Ende ,- Genangan air menutupi badan jalan Boanawa Kabupaten Ende, ironisnya pemerintah daerah kabupaten ende hanya tinggalkan janji. “ ungkap Petrus Sado Salah Seorang warga Boanawa ende pada Zonalinenews Selasa, 17 februari 2015.

Kondisi jalan  Raya Boanawa rusak parah

Kondisi jalan Raya Boanawa rusak parah

dikatakannya sudah 15 tahun terhitung sejak tahun 2000 hingga memasuki tahun 2015 samapai saat ini, kondisi jalan raya Boanawa rusak berat. Parahnya lagi , ketika memasuki musim hujan, seluruh pengendara roda dua maupun roda empat , bahkan pejalan kaki sekalipun, disulitkan akibat kondisi jalan yang sangat menakutkan pengendara.

Kondisi  Jalan Raya Boanawa

 

Petrus menjelaskan , begitu banyak pengendara yang tidak lagi berani melintasi jalan tersebut karena kondisi jalan rusak dan digenangi air bahkan rawan sekali dengan kecelakaan. “Kondisi jalan tersebut hampir saja memakan korban, hal ini yang menyebabkan jalur lintasan yang menghubungkan dengan pelabuhan ipi macet total,” ungkapnya.

RT seretamapat Patris Seve menjelaskan pihkanya dan seluruh warga secara swadaya sudah melakukan aktivitas penimbunan tanah untuk menutupi lubang jalan yang di genangi air namun sampai hari ini pemerintah daerah kabupaten ende tetap menutup mata dengan keadaan ini. sedangkan sudah 15 tahun jalan raya bBoanawa rusak parah.

Patris juga menyampaikan, dari tahun ke tahun sudah begitu banyak petugas yang berdatangan untuk melakukan survei dan pemotretan, ketika ditanya oleh warga petugas mengatakan bahwa jalan ini akan diperbaiki dalam waktu dekat ini. tetapi hingga saat ini janji pemerintah untuk melakukan perbaikan jalan hanyalah janji semata.

patris berharap pemerintah harus secepatnya memperbaiki jalan tersebut, apabila jalan ini terus dibiarkan rusak dan digenangi air maka  akan memakan korban jiwa karena kondisi jalan tersebut sangat rawan kecelakaan. bahkan jalur transportasi akan mati total.

kepala dinas PU Kadis PU Kabupaten Ende, Lawang Fransiskus saat dikonfirmasi terkait jalan ini menyampaikan dalam waktu dekat antara bulan april atau mei tahun 2015, jalan raya Boanawa akan di perbaiki dan sekaligus membangun saluran pembuangan air.

“ Pembangunan jalan raya Boanawa harus tuntas dan tidak bisa setengah – setengah. maka pos anggaran yang dibutuhkan sangat besar maka melihat kondisi ini maka pemerintah lagi melakukan lobi anggaran ke pemerintah pusat.

“ Pemerintah lagi memperjuangkan untuk menaikan status jalan daerah masuk dalam kategori jalan nasional. maka dalam perencanaan anggaran pemerintah kab ende lagi memperjuangkan agar dianggarkan melalui APBNP. dalam memperjuangkan Anggaran tersebut Pemda Ende membangun kerja sama dengan Balai Wilayah 8 di Ende/(SATKER Denpasar) untuk melakukan lobi dan sekaligus mengkawal proposal anggaran di jakarta,” ujarnya. (*rian)