Jalan Baru Di Kawasan Kota Raja Kota Kupang Rusak

Media Group : Zonalinenews – Kupang,- Pekerjaan peningkatan jalan dengan konstruksi HRS Base kawasan Kota Raja pada jalan  Naga Jama Kelurahan Naikoten Satu, Kecamatan Kota Raja Kota Kupang yang dikerjakan oleh CV. Arena Ady Jaya sejak Desember 2015 lalu saat ini sudah rusak. Kerusakan jalan ini disebabkan karena saat awal pelaksanaan pekerjaan tersebut dalam kedaan hujan lebat dan aspal yang digunakan sangat tipis, sehingga hasil pekerjaan tersebut tidak bertahan lama. Demikian hal ini disampaikan salah satu warga Naikoten Satu Yeri Lian kepada wartawan dikediamannya, Rabu 11 Februari 2015, pukul 11.30 wita.

Yusuf Made

Yusuf Made

Dia mengatakan, pekerjaan yang dilakukan oleh perusahan tersebut sudah salah dari awal pelaksanaan kegiatan, dan  Kegitan dimulai pada musim hujan dan material yang digunakan sangat tipis. Sebenarnya hal ini tidak boleh terjadi, karena kegiatan yang dilakukan terkesan terburu – buru dengan keadaan cuaca yang ada saat itu. Menurutnya, kegiatan ini termasuk dalam kegiatan asal – asalan sehingga dalam jangka waktu beberapa bulan saja usai pekerjaan dilaksanakan jalan tersebut sudah rusak dan belum diadakan kegiatan perbaikan. “Saya berharap kepada dinas Pekerjaan Umum (Kota) selaku pemilik modal atau pemilik pekerjaan tersebut bisa segera memangil kotraktor perusahaan itu agar, segera melakukan perbaikan jalan – jalan yang sudah lubang kembali di beberapa titik. Pasalnya, pekerjaan ini masih adalam pemeliharaan, “Ungkapnya.

Apabila jalan ini dibiarkan katanya, kerusakannya bisa bertambah banyak dan rusaknya bisa membesar, dan akirnya warga sekitar yang sering mengunakan jalan tersebut terasa tidak nyaman. “Kita lihat saja saat ini musim hujan apa bila jalan ini tidak cepat di kerjakan maka jalan ini akan menjadi lubang kubangan kecil – kecil dibeberapa titik pada ruas jalan itu, “Katanya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Kota Kupang Yusuf Made saat wartawan diruang kerjanya, ia mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan panggilan secara tertulis kepada Direktur CV. Arena Ady Jaya agar bisa melakukan aktifitas berbaikan karena pekerjaan tersebut masih dalam masa pemeliharaan. “Kita sudah melakukan pangilan tertulis untuk perusahaan tersebut, dan dari pihak direktur CV. Arena Ady Jaya sudah datang dan membuat surat peryataan perbaikan pekerjaan, tetapi yang menjadi kendala saat ini adalah masih masuk dalam musim hujan sehingga untuk menidak lanjuti pekerjaan tersebut tidak mungkin, “Katanya.

Dia menjelaskan, pekerjaan peningkatan jalan dengan kontuksi HRS Base kawasan Kota Raja ini nilai kontraknya sebesar 1,3 milyar dan pekerjaan tersebut dilakukan dengan jangka waktu pelaksanaan 180 hari kalender sehingga mati kontak pada bulan Desember 2014 lalu, tetapi pekerjaan ini masih ada masa pemeliharaan hingga enam bulan kedepan sehingga jatuh tempo habis masa waktu pemeliharaan ada pada bulan Juni 2015 mendatang. “Dari pihak CV. CV. Arena Ady Jaya sendiri sudah bersedia untuk melakukan perbaikan jalan tersebut yang rusak, tetapi bukan saat ini karena saat ini masih dalam musim hujan, sehingga apa bila dipaksakan perbaikan maka nantinya akan rusak kembali. Maka dari itu pihak CV. Arena Ady Jaya berniat untuk melakukan perbaikan pekerjaan ini pada saan musim panas nanti. Kesepakatan peryataan perbaikan pekerjaan yang di buat oleh CV. Arena Ady Jaya secara tertulis dan bermatrai sehingga apa yang menjadi kesepakatan antar CV. Arena Ady Jaya dan Bina Marga Dinas PU Kota Kupang tidak bisa di langgar lagi, “Jelasnya Yusuf. (*hayer)