Jelang Pilkada Belu Demokrat Tunggu Keputusan DPP

Zona Line News- ATAMBUA,- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat, Belu, Wilibrodus Lay, S.H, memberi isyarat siap maju bersaing di  pilkada Belu yang digelar 16 Desember 2015 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat, Belu, Wilibrodus Lay, S.H

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat, Belu, Wilibrodus Lay, S.H

Jika dipercayakan masyarakat Belu dan diberikan peluang oleh DPP Demokrat menjadi orang nomor satu (Bacabup) maka figur yang digandengnya adalah figur tua yang sudah mapan dalam segala aspek. Sejauh ini, belum ada rapat internal Partai Demokrat untuk membahas soal mekanisme berkenaan dengan pilkada ini.

Wilibrodus Lay, ketika ditemui Media ini di kediamannya, Sabtu 28 Februari 2015 menuturkan, secara organisasi internal Partai Demokrat, memang belum membahas mengenai mekanisme penyaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Belu.

Lanjut Lay, Demokrat baru diagendakan pekan depan dibicarakan di DPD Partai Demokrat NTT untuk membahas mekanismenya. Namun, katanya, jika ditanya soal kader partai, tentu selalu siap manakala partai menghendaki kadernya untuk maju bertarung.

“Why not, jika itu direstui partai (Demokrat). Tapi tentu kita harus ikuti mekanisme partai. Sejauh ini belum ada pembahasan khusus mengenai hal ini. Kalau rakyat Belu menghendaki dan mendukung saya untuk maju, saya tentu amankan amanat yang diberikan rakyat Belu itu. Tapi tentu ada waktunya untuk kita bicarakan dahulu di tingkat partai barulah kita sampaikan bacalon mana yang diusung partai,” katanya.

Tentang siapa yang bakal mendampingi, Wili berdiplomasi mengatakan, dirinya masih muda dan tentu membutuhkan bimbingan dan arahan dari yang lebih mapan dalam segala hal. Untuk itu, jika partainya mempercayakan dia menjadi bacabup maka bacawabup tentu diambil dari figur yang lebih mapan, berpengalaman dalam segala hal.

Untuk diingat, nama Wili lay juga disebut-sebut masuk nominasi dari 8 figur bakal calon bupati (Bacabup) Belu yang berhasil dijaring Partai Golongan Karya (Golkar) Belu sesuai aspirasi ‘akar rumput’.

Figur bacabup yang menguat untuk mendapat dukungan dari Partai Golkar yakni, drg.Gregorius Mau Bili, drg. Falentinus Parera, Joni Mali, S.H, Drs. Antonius Suri, Wilibrodus Lay, S.H, AKP Apolinario Dasilva, Drs. Vinsen Loe, Norberthus Andrada.

Untuk diketahui, figur-figur yang menjadi calon bupati (Cabup) Belu untuk bertarung pada pilkada Belu 2015 kini mulai diwacanakan di Belu. Figur-figur yang diwacanakan itu baik dari kalangan birokrat, politisi, pengusaha, mantan birokrat mulai dihembuskan untuk mendapat dukungan juga penilaian warga yang memiliki hak suara.

Informasi yang dihimpun Media ini di Atambua selama sepekan ini menyebutkan, pasca penetapan Perpu tentang pilkada oleh DPR RI, para figur yang dipastikan bertarung di pilkada nanti mulai diwacanakan. Beberapa figur yang kini santer dibicarakan di masyarakat Belu yakni, Kepala Bapeda Belu, drg. Valentinus Pareira, mantan Wabup Belu, drg. Gregorius Mau Bili, pengusaha, Wilybrodus Lay, S.H, Staf Ahli Bupati Belu, Jonisius Mali, S.H, kalangan akademik, Drs. Vinsensius LoE, anggota Polri, AKP Apolinario da Silva, anggota DPRD NTT, Anselmus Talo, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Belu, Drs. Anton Suri, mantan Sekda Belu, Drs. JT Ose Luan, dan Robert Bere Laka. Figur-figur ini mulai diwacanakan untuk diperbincangkan dengan pertimbangan rekam jejak masing-masingnya.(*Davidson)