Kecamatan Alak di Prioritas Pembagunan Infakstruktur Jalan

Zonalinenews – Kupang, Pembagunan Kota Kupang kedepannya diprioritaskan ke Kecamatan Alak. Pasalnya, Kecamtan Alak adalah bagian barat Kota Kupang, akan menjadi jalur aternatif karena Kecamatan Alak adalah satu dari enam Kecamatan yang memiliki Dermaga Tenau, yang kedepannya akan dijadikan  Pelabuhan Internasional.

Musrembang Kecamatan Alak Wakil Walikota Kupang , Herman Man

Musrembang Kecamatan Alak Wakil Walikota Kupang , Herman Man

“Melihat perkembagan di Kecamatan Alak  Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang mempreriotaskan dan memperhatikan pembagunan Infakstruktur dan lampu jalan yang ada di Kecamatan Alak, “kata Wakil Walikota Hermanus Man, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembagunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Alak di Gereja Zoar Penkase Oeleta Kota Kupang, Jumat 20 Februari 2015, pukul 11.00 wita.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Badan Perencanaan Dan Pembagunan Daerah (BAPEDA) Kota Kupang, Pimpinan SKPD lingkup Pemkot Kupang, Camat Alak, para Lura se-Kecamatan Alak Kapolsek Alak, Ketua Rt/Rw serta tokoh masyarakat. Hadir pula Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang Kris Baitanu dan tiga anggota DPRD Kota Kupang asal dapil Kecamatan Alak.

Wakil Walikota Kupang Hermanus Man mengatakan, di Kecamatan Alak masih  banyak lahan tanah kosong yang berkisar ratusan hektar. “Ratusan hektar tanah kosong yang ada saat ini adalah milik Kementrian Kehutanan yang sebagiannya sudah digunakan oleh warga untuk membagun perumahan. Maka dari itu Pemkot Kupang akan berkordinasi dengan Kementrian Kehutanan agar lahan yang kosong bisa disahkan oleh Kementrian Kehutanan untuk melakukan pembagunan di wilayah Kecamatan Alak ini, “katanya.

Menurutnya, Kecamatan Alak adalah Kecamatan yang sagat tertib keamanannya dan yang terpenting adalah masyarakat Kecamatan Alak juga tertib secara sosial dan tertib sosial mental . “Kendala yang dihadapi oleh masyarakat Alak ini adalah infakstruktur jalan,  lampu jalan dan masih minimnya puskemas di Kecamatan Alak. kedepan akan diprioritaskan oleh Pemkot Kupang, bahkan  bantuan dana pemberdayaan untuk masyarakat Alak yang sebelumnya setiap kelurahan hanya mendapat jatah sebesar 500 juta, kedepannya Pemerintah akan menaikan hingga 1 milyar, sehingga peningkatan perekonomian untuk masyarakat bisa lebih baik, “ungkap Hermanus.

Dikatakannya, tahun 2015 Pemkot Kupang sudah menyiapkan anggaran untuk pembagunan infaktruktur jalan dan lampu jalan yang sangat besar. Dan dana yang disiapkan oleh Pemkot ini berkat kesepakatan antara Pemerintah bersama DPRD Kota Kupang pada saat sidang penetapan anggaran DPRD Kota Kupang di gedung DPRD Kota Kupang  beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, Permintaan masyarakat tentang infakstuktur jalan dan lampu jalan bukan hanya saja masyarakat Kecamatan Alak tetapi hal ini dikeluhakan semua warga Kota Kupang disetiap Kelurhan masing – masing. Pengeluhan ini didapati pada saat Walikota Kupang berkantor di setiap Kantor Kelurahan, anggota DPRD Kota Kupang melakukan Reses disetiap dapil dan yang terakhir pada Musrenbang tingkat Kelurahan di setiap Kelurahan masing – masing, sehingga di bawa ke Musrenbang pada tingkat Kecamatan dan pegeluhan setiap waga di tingkat Kelurahan semuanya sama berkendala pada infakstuktur jalan dan lampu jalan.

“ Semua pengeluhan yang di alami masyarakat ini akan ditampung oleh Pemerintah dan akan di prioritaskan dan Pemkot akan lebih fokus pada infakstruktur jalan dan lampu jalan, “jelas Hermanus. (*hayer)