Komunikator Katolik Indonesia Gelar Rapat Tahunan di Ende

Media Group : Zonalinenews-Ende,- Bupati Ende , Marselinus Y.W Petu pada acara pembukaan Kegiatan Seminar Nasional Signis Indonesia Ke-41 Di Aula Mgr Abdon Longginus Da Chuna, Kabupaten Ende Rabu 11 Februari 2015.

Para Komunikator katolik pose bersama bupati Ende

Para Komunikator katolik pose bersama bupati Ende

 

Mengatakan rapat anggota tahunan signis Indonesia yang berlangsung guna mempererat jalinan persauadaraan dan saling berkomunikasi, berbicara dan saling menyapa untuk sebuah kepentingan besar, membangun sebuah media komunikasi dalam menunjang tugas pastoral.

“ Saya mengucapkan terima kasih kepada asosiasi komunikator katolik  se-dunia yang menetapkan Kabupaten Ende sebagai tuan rumah pertemuan signis indonesia ke 41 bukan tanpa makna,” kata Marselinus

Kegiatan seminar Nasional Signis indonesia ke 41 lanjutnya, merupakan salah satu agenda lanjutan dari sejumlah rangkaian kegiatan yang sudah dilewati sejak acara penerimaan tanggal 9 februari, acara persidangan, dan seminar bersama pada hari ini tertanggal 11 Februari 2015.

dalam konteks komunikasi massa, maka setiap pertemuan harus mampu memberikan makna paling tidak sebagian masyarakat dalam konteks umat katolik di wilayah ini akan menambah beberapa kasanah dalam hal pembangunan komunikasi, khususnya komunikasi pastoral. untuk itu tidak ada pilihan lain bagi pemerintah untuk memberikan dukungan dalam berbagai bentuk.

Bupati berkeyakinan bahwa melalui Seminar Nasional  serta berbagai aktivitas merupakan sebuah cita-cita besar yang dapat diraih, dengan mengupayakan melalui beberapa pekerjaan kecil dan sarat ide namun , dirinya menyadari bahwa dibalik cita-cita besar ini memiliki begitu banyak efek yang luar biasa. Karena kemajuan pesat dalam teknologi informasi dapat menginspirasi kita untuk menjadikannya sebagai media pastoral bagi para kaum migran dan perantau. Persoalan sosial yang melekat erat dengan para migran saat ini.

Bupati merasa kecewa dengan adanya praktek Human Trafficking yang gencar dipublikasikan karena sering disuarakan melalui berbagai media komunikasi yang ada.

Ia menambahkan , peran media informasi sangatlah penting dan strategis dalam mengemban tugas menyuarakan berbagai persoalan kemanusiaan sejagat sehingga seluruh umat dapat terprofokasi untuk ikut terlibat dalam bertindak dan berbuat banyak demi mengatasi persoalan kemanusiaan terutama persoalan-persoalan yang akhir-akhir ini terjadi seputar para migran dan perantau dari berbagai belahan dunia.

Marselinus Y.W Petu berharap , melalui rapat anggota tahunan signis indonesia ke 41 , yang diisi dengan seminar nasional sehingga menimbulkan tanda-tanda perubahan yang buat  antara lain melalui kemampuan merekam berbagai persoalan kemanusiaan guna menemukan simpul penyelesaian dengan tepat dan peran media komunikasi yang dikelola oleh gereja melalui karya KOMSOS merupakan sebuah wahana yang sudah sekian lama ikut menyuarakan berbagai hal dalam berpastoral  dengan jangkauan luas melingkupi dunia dengan kompleksitas persoalan global.

“Hal ini yang mendorong gereja baik secara institusi maupun sebuah gerakan persiarahan  untuk mendekatkan pelayanan pastoral yang mendarat pada realita dunia menuju cita-cita “bonum commune, “ujarnya.

Ketua Panitia Seminar Nasional rapat anggota tahunan signis indonesia Romo, Frans Betu, PR pada sambutannya menyatakan , media pastoral untuk migran dan perantauan merupakan juga tema untuk seminar nasional . Ia menegaskan tema ini begitu kuat mempengaruhi sekian banyak orang untuk datang dan mendalaminya dalam seminar ini. dan ia juga menjelaskan arti dari signis adalah tanda, cahaya, terang  dengan makna bahwa sebagai umat beriman kita harus mampu mendatangkan tanda perubahan, terang perubahan, cahaya perubahan.

Dikatakannya, bukan hanya sebuah tema  melainkan , sebuah ajakan, desakan, dan keharusan untuk dijalankan bersama. Dan media mengambil bagian dalam upaya melihat dan mempengaruhi migran dan perantauan agar sedapat mungkin berjalan pada rel yang baik dan benar.

Pantauan zonalinenews Acara pembukaan kegiatan Seminar Nasional pada rapat anggota tahunan signis Indonesia ke 41 di Aula Mgr Abdon Longginus Da Chuna dihadiri oleh sejumlah elemen muda, tokoh masyarakat kota/adat, pemerintah dan gereja dari berbagai wilayah keuskupan Se – Indonesia yang terbagi dalam lima (5) bagian diantaranya Regio nusra, sumatra, kalimantan, jawa, sulawesi bertempat diaula Mgr Abdon Longginus Da Chuna jalan gatot subroto kabupaten Ende.

Semantara Itu diakhir seminar, Romo Yohanes Babtista Aloysius Kotten. PR, mendesak pemerintah kabupaten Ende agar menjalankan hasil rekomendasi pada pertemuan di aula wisma emaus tertanggal 30Oktober 2014 berkaitan dengan pembentukan gugus tugas dalam ruang lingkup kabupaten Ende. (*ryan)