Koperasi CU Miliki Aset Rp 251 Miliar

ZONA LINE NEWS- ATAMBUA,- Koperasi Credit Union (CU) Kasih Sejahtera Atambua sejak kelahirannya pada tahun 2007 telah menghimpun lebih dari 20.000 orang dengan aset yang dimiliki sebesar Rp 251 miliar.  Perkembangan ini memberikan warna khusus kepada umat di Keuskupan Atambua, terutama dalam menyejahterakan umat. Hal ini disampaikan Uskup Atambua Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr  kepada Media ini , Jumat 27 Februari 2015.

Uskup Atambua Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr

Uskup Atambua Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr

Uskup Domi mengungkapkan Koperasi CU Kasih Sejahtera telah menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-7  yang berlangsung di Aula St. Dominikus-Emaus, Atambua, Kamis, 26 Februari 2015. Kegiatan itu merupakan forum tertinggi yang diadakan setiap tahun guna mengevaluasi perjalanan koperasi selama setahun.

Dikatakan Uskup Domi, Koperasi CU Kasih Sejahtera lahir dari eksistensi umat Keuskupan Atambua yang masih hidup di bawah ketertinggalan, berupa kemiskinan ekonomi dan ketidakberdayaan. Penyebab ketertinggalan itu adalah kehidupan umat yang tidak terencana dengan baik.

“Banyak umat kita yang tersebar di Belu,TTU dan Malaka tidak rencanakan kehidupan dari segi pemasukan dan pengeluaran keuangan, juga bagaimana bekerja untuk menghasilkan sesuatu bagi kehidupannya secara terencana sehingga hal ini mengakibatkan ketertinggalan. Dinamika ketertinggalan ini yang menjadi langkah strategis CU Kasih Sejahtera untuk meretas usaha mendirikan lembaga keuangan agar dapat melatih anggota-anggotanya untuk hidup secara terencana,” urai Uskup Domi.

Melalui pendidikan dan pelatihan, menurut Uskup Domi, umat dididik untuk hidup secara terencana, mengelola keuangan dan mengelola hidup secara baik. Selain itu, mereka dilatih untuk berdisiplin dan berproduksi.

Jadi, untuk mewujudkan cita-cita pelayanan kesejahteraan umat, manajemen Koperasi CU Kasih Sejahtera merencanakan tiga pilot project dalam membentengi kekuatan  ekonomi umat, yakni pengembangan ternak babi dan sapi, pengembangan rumah retret plus dan pengembangan ekonomi kreatif.

Secara terpisah, Penjabat Bupati Belu Wilhelmus Foni mengatakan kehadiran Koperasi CU Kasih Sejahtera sejak kelahirannya telah membantu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Belu.”Saya kira, Koperasi CU Kasih Sejahtera dan pemerintah jalankan misi pelayanan  yang sama. Koperasi CU dan pemerintah sama-sama berdayakan masyarakat supaya bisa hidup sejahtera melalui pelayanan koperasi,” ungkapnya.

Lanjutnya dirinya memberikan apresiasi kerja keras Koperasi CU yang hingga saat ini sudah himpun aset sebesar Rp 251 miliar. Ini merupakan sebuah kemajuan pelayanan yang baik. Dirinya bangga karena CU sudah bisa berdayakan kurang lebih 397 kelompok.

Foni berharap agar sinergitas pelayanan dan kerja sama Koperasi CU dengan pemerintah perlu diutamakan sehingga prospek pelayanan ke depan dapat bermuara kepada perwujudan kesejahteraan masyarakat. (*Davidson)