KPK Prioritaskan Mutu Kualitas Kebersihan Kota Ende

Media Group : Zonalinenews-Ende ,- KPK adalah singkatan dari Kantor Pertamanan dan Kebersihan Kota Ende, yang tupoksinya mengurus Pertamanan dan Kebersihan Kota Ende. Bank sampah sahabat merupakan singkatan dari sampah hasilkan berkat dan dikelola oleh kantor Pertamanan di Kabupaten Ende tepatnya di jalan Soekarno Kilo Meter 01.

Lokasi Penapungan Bank Sampah

Lokasi Penapungan Bank Sampah

sistem yang digunakan pada bank sampah adalah sistem menabung berbagai jenis-jenis sampah antaranya plastik, kertas, koran, gardus, kaleng dll. dan nasabah bank sampah telah mencapai 462 orang serta setiap tiga (3) bulan bagi penabung atau nasabah yang menabung akan diberi upah dengan harga 1 kg berkisar Rp. 50 sampai dengan Rp. 100 dengan maksud agar setiap nasabah diberi motivasi untuk semakin sering membawa tabungannya. Kata kepala Kantor Pertaana dan K Kebersihan Kabupaten , Ende Antonio M.C Ina. Kamis 12 Februari 2015.

 

Petugas menimbang sampah

Petugas menimbang sampah

menurutnya, sampah yang dibeli dari tangan nasabah akan di jual ke Surabaya yang datang menjemput tabungan nasabah setiap 2 – 3 bulan sekali. “Total petugas pengangkut sampah dan sopir berjumlah 32 orang, penyapu 22 orang petugas taman 4 orang dan staf kantor 14 orang,” ungkapnya.

Direktur Bank Sampah, Wati Mega mengatakan bank sampah digunakan untuk melatih masyarakat untuk tidak berpikir dan bertindak konsumtif justru , menekankan agar masyarakat selalu produktif dalam hal membersihkan  dan memungut sampah untuk di tabung pada bank sampah.

Ia menambahkan, bahwa bank sampah dibuka guna untuk mengajak seluruh warga kota Ende agar peduli terhadap pelestarian lingkungan. “ lebih dari itu masyarakat kota Ende ditekankan untuk tidak saja membersihkan tetapi masyarakat kota memungutnya untuk di tabung di bank sampah. sehingga kota selalu bersih dan kehidupan kita semakin sehat,”jelas Wati.

Salah seorang penabung sampah, Istalya yang datang menabung di bank sampah kantor pertamanan dan perkebunan menjelaskan dengan adanya bank sampah kehidupan kami semakin sehat dan tidak kotor dan segala macam jenis sampah yang kami kumpulkan bisa menambah kebutuhan hidup. (*rian)