Pedagang Pasar Potulando Desak Pemda Ende Bertindak Adil

Media Group – Ende ,- Salah satu Tokoh masyarakat , di pasar Potulando ,Abarudin Tambrin  saat di konfirmasi di Rumah kediamannya Jumat , 13 Februari 2015 pukul 08.00wita sangat kecewa terhadap Pemerintah Daerah (Pemda)  Ende , pasalnya saat ini para pedagang dipasar Potunlando khususnya kios-kios yang baru selesia direnovasi belum terpasang jaringan instalasi listrik , sehingga belum bisa melanjutkan aktivitas berjualan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Nyo Kosmas

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Nyo Kosmas

Abarudin merasa sedih ketika sejumlah pedagang menjadi korban atas pembagian kios atau tempat usaha yang tidak adil dan merata sedangkan tempat usaha dikenakan pajak angsuran sebesar Rp 50.000/bulan namun hingga dengan saat ini pasca kebakaran sampai dengan usai renovasi yang memakan waktu empat tahun lamanya sejak 2011-2015. sampai saat ini para pedagang belum menempati kios tersebut.

Abarudin Tambrin

Abarudin Tambrin

 

Abarudin menyesalkan pemberlakuan larangan dari petugas Disperindag untuk membatasi para pedagang pasar lainya untuk tidak membangun tempat penutup seperti kios permanen di lokasi tengah pasar . “Bila para pedagang es batu dilarang membangun penutup kios permanen maka sangat tidak menjamin keselamatan kulkas , serta barang lainya , sedangkan kios yang dibangun sangat terbatas yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pedagang pasar yang nota bene pedagang asli pasar,” ujarnya.
terpisah ketika di konfirmasi zonalinenews , Salah seorang pedagang es di Pasar Potulando , Nati merasa kecewa terhadap  petugas yang melarang berjualan es , padahal usaah ini telah ditekuninya sejak lama , namum dirinya tidak mendapatkan tempat / kios

“ saya sudah meminta ijin kepada petugas untuk membangun kios permanen , tetapi tidak di ijinkan. Saya meminta agar Pemda bertindak adil dan melakukan pembagian kios yang merata kepada seluruh pedagang baik pedagang es, parut kelapa, penjahit dan lain –lain,” pinta Nati.

Sepuluh kios di Pasar Potulando Ende, yang baru di renovasi saat ini belum bisa ditempati pedagang pasar Potulando , pasalnya instalasi listrik di kios tersebut belum terpasang. Demikian disampaikan Kepala, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabuapten Ende , Nyo Kosmas, SH saat di konfirmasi di ruang kerjanya. Jumat 13 Febrauri 2015. Pukul 10.30 wita.

Menanggapai persoalan ini, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ende,  Nyo Kosmas, SH. saat di konfirmasi di ruang kerjanya. Jumat 13 Februari 2015 pukul 11.00 wita menjelaskana , hingga saat ini baru sepuluh (10) kios yang di renovasi dan belum ditempati pedagang pasar potulando karenakan instalasi listrik belum terpasang,

Dikatakannya , dalam waktu dekat instalasi listrik akan di pasang secepatnya , agar pedagang pasar potulando dapat beraktivfitas kembali untuk berjualan di pasar sesuai dengan tempat jualan awalnya dan penempatan para pedagang akan dibagi ulang secara merata dan adil serta tidak memilah-milah antara satu pedagang dengan yang lain-nya.

Ia menambahkan, usai pemasangan instalasi listrik pedagang akan dibagi sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pedagang pasar , dan di sesuaikan dengan los dan kios seperti awalnya. “ Dalam pembagian tempat los dan kios tersebut , akan diprioritaskan kepada pedagang-pedagang yang pada dasarnya telah berjualan sejak lama di pasar tersebut,” tegasnya. (*rian)