Pelantikan Dirut PDAM, Bupati Yosni “Mengangkangi” Perda

Media Grup : Zonalinenews- Larantuka,- Setelah mengalami kevakuman selama dua tahun, Pemerintah Kabupaten Flores Timur (Flotim) melantik Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Flotim devinitif , Petrus Pelan Lamanepa. Pelantikan tersebut bertempat di aula Setda Flotim 12 Februari 2015 2015.

Pelantikan Dirut PDAM Flotim

Pelantikan Dirut PDAM Flotim

 

Bupati Flotim Yoseph Lagadoni Herin dalam sambutannya menuturkan, rentang waktu 2 tahun PDAM Flotim tidak memilki Direktur divinitif. Hal ini bukan merupakan tidak ada perhatiandari pemerintah flotim, tetapi ada beberapa hambatan yang harus diselesaikan terlebih dahulu, Sehingga setelah melalui proses pembukaan pendaftaran, hingga tim memutuskan untuk menunjuk, Petrus Pelan Lamanepa sebagai Direktur. “ Proses tahapan seleksi dan pemaparan visi misi suda disampaikan dengan baik, dan dinyatakan layak menjadi direktur. Sehingga pemerintah daerah Flotim menerbitkan surat pengangkatan dengan nomor 25 tanggal 11 tahun 2015,” ungkapnya.

Lanjut Yosni, sepuluh tahun terhakir PDAM mengalami kemajuan yang luar biasa, terhakir pada tahun 2013 mengalami peningkatan yang fantastik. Disamping peningkatan yang ada, PDAM harus terus berbenah karena begitu banyak pengeluaran dari masyarakat Kota, karena belum meratanya pembagaian air. “ Ini merupakan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Direktur baru,” tegas Yosni.

Sementara kalangan masyarakat menganggap pelantikan Petrus Pelan Lamanepa sebagai direktur PDAM syarat dengan kepentingan. Diantaranya Bupati Flotim dianggap melanggar perda Nomor 2 tahun 2009, tentang tata pengolaan PDAM. Direktur divinitif dianggap tidak memenuhi persyaratan, diantaranya pengalaman kerja pada PDAM minimal 10 tahun, dan pengalama kerja di luar 15 tahun serta usia minimal 50 tahun, disamping itu juga tingkat pendidikan. Mengenai tingkat pendidikan legalitas pendidikan terhakir Petrus Pelan Lamanepa di ragukan.

Pantauan zonalinenews, wakil bupati, Valentinus Tukan, dan tim penilai Asisten II, Petrus Pemangliku, pimpinan dan anggota DPRD tidak menghadiri acara pelantikan direktur PDAM. Zonalinenews juga sempat mendapatkan bocoran informasi bahwa redaksi undangan yang yang dikeluarkan oleh pemerintah Daerah Kabuapaten Flotim , terdapat kesalahan penulisan yang yang menuliskan bahwa undangan Pemda yang dikeluarkan untuk Ketua DPRD Flotim berbunyi , ” Sehubungan dengan pelantikan saudara sebagai Direktur Perusahaan Daerah Air Minum periode 2015/ 2019, maka kami mengundang saudara untuk menghadiri pelantikan. Surat tersebut ditandatangani oleh Sekertaris Daerah , Anton Tonce Matutina. (*polce)