Pemda Belu Dukung Swasembada Pangan Tahun 2016

ZONA LINE NEWS – ATAMBUA,- Dalam mendukung swasembada pangan tahun 2016 yang dicanangkan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Pemerintah kabupaten Belu melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Belu, melakukan peletakan batu pertama pembangunan jaringan irigasi sepanjang 200 meter di Sukabitetek, desa Leun Tolu, Kecamatan. Raimanuk, Minggu 22 Februari 2015. Pembangunan jaringan irigasi ini juga untuk meningkatkan ketahanan pangan dalam rangka mewujudkan swasembada pangan padi, dan jagung serta tanaman pertanian lainnya.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jaringan Irigasi Sepanjang 200 Meter di Sukabitetek, Desa Leun Tolu, Kec. Raimanuk

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jaringan Irigasi Sepanjang 200 Meter di Sukabitetek, Desa Leun Tolu, Kec. Raimanuk

Penjabat Bupati Belu Drs.Wilhelmus Foni, M.Si dalam sambutan mengatakan irigasi sangat penting sekali dalam mendukung ketahanan pangan khususnya produksi beras, jagung, dan tanaman pangan lainnya di desa Leuntolu dan desa-desa lainnya di kabupaten Belu.

“Pembangunan saluran irigasi yang dilaksanakan ini merupakan momentum yang secara nasional digerakkan oleh presiden Jokowi yaitu pencanangan hari irigasi nasional untuk ketahanan pangan,” ujar Willem Foni.

Dikatakan Willem Foni, pemkab Belu, melalui dinas terkait akan selalu mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan oleh presiden Joko Widodo. Lebih lanjut dikatakan, pemerintah akan selalu bersinergi dengan DPRD Belu, TNI, dan stakeholder lainnya  guna mewujudkan swasembada pangan di kabupaten Belu.

“Mari kita berkolaborasi, bersatu membangun bangsa ini mulai dari petani di kampung, mental kita harus dibangun, mari kita perangi kelaparan, kebodohan dan keterbelakangan, dengan bekerja dan berdoa,” ujar Foni

Dalam kesempatan itu juga Kadis Sosial Provinsi NTT ini mengharapkan agar para petani di desa Leuntolu untuk bersatu dan bekerja dengan semangat, iklas hati agar Belu kedepan menjadi baik.

“Mari kita bekerja dan berdoa, harus bosan menjadi orang miskin untuk itu perlu kerja keras dan jangan lupa Tuhan karena kita boleh menanam dan menyirami tetapi Tuhanlah yang memberikan perkembangan dan pertumbuhan,” pungkas Penjabat Bupati.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua I DPRD Belu Benedictus Y. Halle, SH mengatakan selaku DPRD mengharapkan dengan pelaksanaan pembangunan irigasi ini dapat meningkatkan hasil masyarakat petani di desa ini dan desa sekitarnya.

“Kami dari DPRD akan mendukung program swasembada pangan ini, dan usulan – usulan dari para kelompok tani yang kekurangan handtraktor  kami masukan dalam APBD Belu tahun 2015,” ujar Bene sapaan akrabnya.
Dalam kesempatan itu Bene Halle juga menyampaikan provisiat kepada Dandim 1605/Belu bersama Danramil dan Babinsa yang turut mengambil bagian untuk bersama masyarakat bersatu padu dalam rangka menuju ketahanan pangan tahun 2017.

Sementara itu, kesempatan yang sama Dandim 1605/Belu Letkol (Inf) Hendri Wijaya, SE mengatakan keterlibatan TNI khususnya Angkatan Darat (AD) sudah merupakan perintah dari presiden RI selaku panglima tertinggi agar jajaran TNI AD mendukung dalam rangka pencapaian swasembada pangan.

“Bahwa kerjasama yang baik telah dilakukan melalui Pemerintah Pusat dengan TNI untuk bersama-sama mendampingi petani, membantu serta mencarikan solusi dengan adanya permasalahan yang timbul dalam bidang pertanian.

TNI hadir dalam pengawasan, pendampingan termasuk memotivasi para petani selain itu bersinergi dengan instansi terkait untuk terwujudnya swasembada pangan, juga mewujudkan ketahanan pangan yang nantinya akan berwujud pada kuatnya ketahanan nasional,” ujar Hendri Wijaya.

Hendri dalam kesempatan itu menginstruksikan kepada semua jajaran Babinsa di wilayah kabupaten Belu untuk bersama para petani bekerja sama sehingga dapat terwujudnya program swasembada pangan ini.

“Kita harapkan, dengan adanya kegiatan ini akan menjadi suatu landasan bagi kita semua baik pemerintah pusat, daerah, dan para petani pada umumnya bahwa suatu tujuan tidak akan tercapai tanpa dukungan semua pihak yang terkait. Kepada para Babinsa, jadikan sawah dan  kebun medan pertempuran kita,” pungkas Hendri.

Hadir dalam acara ini Kadis PU & Perumahan MK. Eda Fahik, Kadis Pertanian dan Perkebunan Remigius Asa, Kabag Humas Setda Belu Hironimus Mau Luma, S.Pd, MM, Camat, Kades, para Babinsa sekabupaten Belu, Mantri Tani serta para kelompok tani. (*Davidson)