Pemda Ende Harus Menambah Tenaga Penyuluh Pertanian

MEDIA GROUP- ENDE ,- Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Ende harus menambahkan petugas penyuluh pertanian. pasalnya peran pendampingan penyuluh pertanian kepada kelompok tani di desa – desa akan sangat maksimal apabila setiap penyuluh di tempatkan setiap desa satu orang di setiap desa di kabupaten ende, maka segala persoalan yang dialami oleh para petani seperti tanaman yang diserangi penyakit hama dapat secara langsung diatasi dan disentuh dengan solusi yang praktis oleh petugas penyuluh yang ada di desa.demiakan Ungkapan Anggota DPRD Kabupaten . Ende Philipus Kami Rabu 18 Februari 2015 di ruang kerjanya.

Anggota DPRD Kabupaten . Ende Philipus Kami

Anggota DPRD Kabupaten . Ende Philipus Kami

Philipus menjelaskan, melihat kondisi rill masyarakat desa khususnya para kelompok tani, hingga kini peran pendampingan oleh Pemda khususnya penyuluh pertanian masih belum maksimal. karena begitu banyak persoalan didesa yakni masalah petani berkaitan dengan penyakit hama dan pembudidayaan lahan dan lain-lain, belum mampu diatasi oleh pemerintah karena para penyuluh pertanian tidak tinggal di desa melainkan di kota, sehingga berimplikasi buruk pada masa depan usaha para petani.

Kepala Kantor Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Kabupaten Ende, Uran Muhidin

Kepala Kantor Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Kabupaten Ende, Uran Muhidin

Sementara itu , Kepala Kantor Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Kabupaten Ende, Uran Muhidin menjelaskan tugas penyuluh pertanian adalah menyiapkan materi terkait dengan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian, melaksanakan kegiatan penyuluhan dan aplikasi di desa, mengembangkan ilmu pertanian untuk petani di desa dalam praktek lapangan, mengevaluasi hasil kerja pertanian dengan petani di desa, dan melaporkan kegiatan penyuluhan dari desa.

Uran muhidin mengatakan , mengingat jumlah penyuluh yang sangat terbatas di kabupaten Ende maka penyebaran penyuluh dapat mendampingi tidak saja satu desa satu orang tetapi satu orang bisa mendapatkan 3 – 4 desa. pasalnya jumlah penyuluh pertanian berjumlah 164 orang/petugas maka dalam pembagiannya 3 – 4 desa per-individu di tempatkan untuk menjadi pendamping di desa – desa binaan sedangkan total jumlah desa di kabupaten Ende sebanyak 191 desa.

ia mengatakan bahwa total penyuluh pertanian tidak setara dengan banyaknya desa di kabupaten Ende, menurutnya anggaran masih belum ada untuk penambahan tenaga penyuluhan khusus untuk pertanian, harapannya juga bahwa apabila pemerintah sudah memiliki dana yang cukup maka akan ditambahkan tenaga penyuluh sehingga setiap desa bisa di tempatkan per satu individu satu desa. (*ryan)