Serikat Pekerja Flores Desak DPRD Ende Bentuk Pansus

ZONALINENEWS-ENDE,- Serikat pekerja Flores Senin 23 februari 2015 mendesak Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Ende segera membentuk panitia khusus, terkait temuan factual dari keberadaan koperasi kredit  pintu air cabang Ende. Pasalnya pelaksanaan manajemenya sangat buruk dan legalitas kepengurusanya tidak memiliki kekuatan hukum, sehingga SPF melihat akan berpotensi menimbulkan kerugian bagi masyarakat kabupaten ende khususnya masyarakat Ende yang terdaftar sebagai anggota kopdit pintu air. Ungkap Ketua Umum Ignas A Fasi saat berdialog di ruangan Rapat Gabungan Komisi DPRD Ende

Serikat Pekerja Flores Ddemo desak DPRD Ende Bentuk Pansus

Serikat Pekerja Flores Ddemo desak DPRD Ende Bentuk Pansus

Menurutnya, berdasarkan temuan dan kajian SPF, terdapat 5.389 anggota masyarakat kabupaten Ende yang adalah anggota pintu air (KPA) telah tergoda oleh promosi dan iming-iming dari program kopdit pintu air untuk menyimpan dan menginvestasikan uang mereka pada KPA, katanya manajemen pengelolaan yang tidak demokratis dan tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku oleh manajemen KPA.

Yohanes B.R  Kardoso salah seorang mantan pengurus KPA, menjelaskan, manjemen keuangan anggota yang dikelola oleh pengurus KPA sangat tidak transparan dan amburadulnya struktur  kepengurusan maupun manajemen pengelolaanya.

Ignas mengatakan, angka diatas akan terus meningkat sebab KPA menargetkan angka pertumbuhan anggota baru pada tahun 2015 di kabupaten Ende ditargetkan sebanyak 133 anggota per-bulan artinya pertahun anggota baru mencapai 1.596 dari 12 x 133.

Yohanes B.R Kardoso mengungkapkan apabila keadaan ini terus menerus dibiarkan Pemda Dan DPRD Ende dan tidak disikapi secara professional maka dikuatirkan kasus bubarnya Koperasi Mitra Tiara Larantuka berpotensi akan terjadi di kabupaten Ende khususnya Kopdit Pindtu air cabang Ende.

Yulius Sesar Nonga, salah seorang anggota DPRD Ende yang memimpin pertemuan saat beraudiens dengan SPF tanggal mengatkan dalam waktu dekat DPRD Ende akan siap memfasilitasi pertemuan berikutnya dan DPRD Ende akan mengirim surat panggilan kepada Ketua Kopdit pintu Air Dan Sekjen Pusat Koperasi Kredit Pintu Air (KPA), Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Ende Dan Serikat Pekerja Flores Untuk berdiskusi terkait dengan masalah KPA. (*rian)