Songsong Pilkada Belu , NasDem Jaring Balon

ZONA LINE NEWS- ATAMBUA,- Dalam menyongsong pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Belu dalam tahun 2015 ini, Partai Nasional Demokrat (NasDem) sudah menjaring bakal calon kepala daerah (balonkada). Hal ini ditandai dengan pembukaan pendaftaran balonkada yang dimulai Selasa 24 Februari lalu dan akan berakhir pada 3 Maret 2015 mendatang.

Partai Nasdem

Sekretaris DPC NasDem Kabupaten Belu Valens Pareira membenarkan hal ini ketika dikonfirmasi Media Group di Atambua, Kamis 26 Februari 2015.

Pareira mengatakan pihaknya membuka pendaftaran balonkada selama kurang lebih 10 hari yang ditujukan kepada semua masyarakat Kabupaten Belu. Artinya bahwa pendaftaran itu terbuka untuk publik.

“Kita buka pendaftaran ini untuk masyarakat umum jadi siapa saja boleh datang mendaftar setiap hari kerja mulai dari pukul 09.00 sampai 12.00 Wita di Sekretariat NasDem di Hotel Timor. Untuk kelengkapan dokumen, bisa didapatkan di sekretariat,” sebutnya.

Dikemukakan Pareira, pihaknya hanya mempunyai kewenangan untuk melakukan penjaringan melalui pendaftaran balonkada sedangkan penetapan balonkada melalui partai pengusung semangat restorasi itu bakal dilakukan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) melalui survei.

“Setelah kita lakukan pendaftaran, kita kirim nama-nama ke DPP. Dan, DPP akan kirim utusan ke sini supaya survei tingkat popularitas, elektabilitas dan integritas moral para balonkada yang kita jaring itu. Selanjutnya, DPP tetapkan tiga balonkada dari partai ini untuk kemudian didaftarkan di KPU setempat,” jelasnya.

Secara terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Belu Wilybrodus Lay dan Ketua DPC PAN Belu Robert Bere Laka mengungkapkan pihaknya belum membuka pendaftaran balonkada karena masih menunggu petunjuk partai secara hierarkis.

Wilybrodus Lay menyebutkan Partai Demokrat baru akan menggelar rapat internal pada pekan depan untuk menetapkan jadwal pendaftaran balonkada. Jadi, untuk saat ini, pihaknya belum membuka pendaftaran.

Ditanya mengenai kesiapan dirinya selaku kader partai dalam Pilkada Belu mendatang, Lay memastikan siap bertarung dalam persaingan merebut kursi satu Kabupaten Belu, namun harus melalui mekanisme partai yang ada.

Setutur dengan Lay, Robert Bere Laka juga mengungkapkan PAN untuk saat ini belum membuka pendaftaran bagi masyarakat umum untuk melamar sebagai calon bupati atau wakil bupati karena masih menunggu petunjuk dari pengurus partai di tingkat provinsi dan pusat.

‎​”PAN terbuka untuk semua kader  yang punya konsep perjuangan yang sama untuk membangun Belu jadi kepada masyarakat, silakan mendaftar ketika partai ini buka pendaftaran. Tentunya, partai ini juga akan berkoalisi dengan partai lain karena hanya miliki tiga kursi di parlemen,” urainya.

Mengenai kesiapan dirinya dalam pilkada nanti, Bere Laka mengaku sebagai kader partai, tentunya siap bertarung sebagai calon bupati kalau memang dipercayakan partai yang dinahkodainya itu. (*Davidson)