Toleransi Umat Beragama di NTT Tanggung Jawab Bersama

Zonalinenews-Kupang, Toleransi Umat Beragama bagi umat muslim sudah menjadi tanggung jawab bersama dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Prinsip dasar toleransi bukan saja menghormati antara umat beragama tetapi saling menghormati kepada sesama umat adalah bagian dari toleransi, ungkap Ustat H.Indra Hasan dalam Tablik Akbar bersama tokoh agama, para Santri dan ketua OKP Islam berlangsung di Masjid Raya Nuru Sya’ada Kupang Kamis 19 Februari 2015.

Tablik Akbar yang berlangsung di Masjid Raya Kupang

Tablik Akbar yang berlangsung di Masjid Raya Kupang

Hadir dalam tablik Akbar tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nusa Tenggara Timur, Drs. H. Abdul Kadir Makarim, Ketua Pimpinan Wilayah Nahdaltul Ulama (NU) Nusa Tenggara Timur Drs. Jama Ahmad, MM, Ketua DPRD NTT H. Anwar Pua Geno, Danrem 161 Wirasakti Kupang, Ketua PW Ansor NTT, Abdul Muis, serta para Imam Masjid se-Kota Kupang.

Menurut Indra, dalam islam mengajarkan toleransi, baik kepada pemeluk agama lain maupun kepada sesama umat islam. Landasan ini menjadi pegangan umat islam, tergantung bagaimana menjalani.

Ketua MUI NTT Drs. H. Abdul Kadir Makarim pada kesempatan ini berkeinginan umat islam di NTT khususnya kota kupang agar lebih aktif dalam bersalawatan setiap malam, sehingga tetap menjaga tali silaturahmi diantara umat. “Kalau kita sering bersalawatan maupun kegiatan tablik akbar insyallah amal jariah kita dapat diterima Allah SWT. Kedepan saya berharap, kita lebih maju lagi dalam kegiatan-kegiatan seperti ini, “katanya.

Danrem 161 Wirasakti Kupang Brigjen TNI Achmad Yuliarto, apresiasi berbagai kegiatan keagamaan yang sering dilakukan.  “Saya apresiasi setiap kali tamu mubalik dari luar selalu ada agenda tablik akbar. Apalagi tamu tablik akbar adalah putra daerah NTT , H. Indra Hasan berasal dari Kabupaten Ende yang berdomisili di Jakarta. Kegiatan seperti ini sangat positif bagi umat muslim di kota Kupang, “katanya.(*ajhar)