Walikota Kupang Minta DPRD Mediasi Soal PDAM Ke Bupati Kupang

Media Group : Zonalinenews – Kupang,- Walikota Kupang Jonas Salean minta bantuan dukungan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang untuk meyelesaikan masalah antara Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang terkait dengan polimik pengelolaan aset Pemkab Kupang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kupang yang berada di wilayah Kota Kupang. “Komisi I harus bisa membatu Pemkot Kupang untuk menyelesaikan masalah PDAM Kabupaten Kupang sudah lama berlarut –larut belum terselesaikan.

Komisi I DPRD Kota Kupang, melakukan Kunjungan Ke Balai Kota Kupang dan rtemu bWalikota Kupang, Jonas Salean, Senin 9 Februari 2015, pukul 10.30 wita.

Komisi I DPRD Kota Kupang, melakukan Kunjungan Ke Balai Kota Kupang dan rtemu bWalikota Kupang, Jonas Salean, Senin 9 Februari 2015, pukul 10.30 wita.

Komisi harus ikut campur tangan dalam masalah ini, pasalnya, Komisi I DPRD Kota adalah mitra Pemkot Kupang, “Demikian disampaikan Walikota Kupang Jonas Salean pada saat Komisi I melakukan Kunjungan Ke Balai Kota Kupang, Senin 9 Februari 2015, pukul 10.30 wita.

Menurutnya, Pemerintah menargetkan 600 Juta uang retribusi sampah sendangkan dari hasil yang disetor oleh PDAM Kabupaten Kupang kepada Pemkot, hanya 40 Juta, dari hasil setoran retrebusi yang begitu minim sangat mempengaruhi struktur APBD Kota Kupang.

“Dengan adanya penyetoran retrebusi sampah yang begitu minim , dan adanya pengalian penanaman pipa yang mengakibatkan jalan-jalan yang berada di Kota Kupang menjadi rusak, perilaku ini membuat kita tidak bisa tinggal diam saja. untuk itu saya harap dukungan politik dari DPRD Kota Kupang, agar masalah bisa diselesaikan dengan baik, “Kata Jonas.

Lanjutnya, Pemkot Kupang bukan ingin mengelola PDAM Kabupaten Kupang atau mengambil alihnya tetapi urusan air bersih  untuk Kepala Daerah otonomi sesuai undang – undang tidak boleh ada Kepala Daerah lain yang datang ambilnya lagi. “Masalah ini juga menjadi tangung jawab Komisi I DPRD Kota Kupang, karena selama ini warga Kota Kupang mengeluh dengan tindakan PDAM Kabupaten Kupang yang merusak jalan – jalan untuk galian pipa. Maka dari itu saya yakin dengan kemitraan ini kita bisa membangun komunikasi bersama, Bupati Kabupaten Kupang untuk masalah ini. (*hayer)