Agupena Akan Gelar Pelatihan Menulis Kepada Guru di Flotim

ZONA LINE NEWS, LARANTUKA,- Asosiasi Guru Penulis Indonesia ( AGUPENA) tingkat cabang kabupaten Flores Timur   dibentuk pada minggu 1 Maret 2015. Pembentukan pengurus ini melalui rapat perdana yang dipimpinn oleh Maksimus Masan Kian selaku penerima mandat dari Ketua Agupena wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

guru agupena berdiskusi

guru agupena berdiskusi

Kegiatan yang bertempat diruangan kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Larantuka ini dihadiri oleh sedikitnya 24 guru dan dosen yang merupakan utusan dari masing – masing sekolah dan institut pada tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan tinggi yang mendapat undangan khusus dari ketua termandat Maksimus Masan Kian.

Dalam sambutanya Ketua termandat maksimus Masan Kian, menyampaikan apresiasi dan rasa hormat kepada guru- guru yang hadir pada hari itu. Kata Maksi, hadirnya guru- guru mengindikasikan bahwa ada motivasi dan semangat juang yang tinggi dalam upaya menghadirkan wadah ilmiah (baca:Agupena) di bumi Flores Timur.

katanya, Agupena cabang Kabupaten Flores Timur yang akan terbentuk akan menjalankan kegiatan dan usaha diantaranya, memberikan pembinaan dan pelatihan kepada guru, dosen dan tenaga kependidikan agar mampu menulis bahan bacaan, buku pelajaran, dan karya ilmiah yang sangat membantu guru yang mengalami kesulitan kenaikan pangkat, membantu pemerintah mendorong peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, menjalin kerja sama dengan lembaga pemerintah dan swasta baik dalam negeri dan luar negeri untuk kemajuan dan kesehjateraan serta peningkatan kualitas profesi guru penulis, menyelenggarakan penelitian, dan pengembangan diri di bidang ilmu pengetahuan serta studi banding keilmuaan dan profesi.

“Kita akan  memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada dalam internal organisasi untuk memberikan dampingan dan pelatihan bagi guru- guru di Kabupaten Flores Timur dalam hal menulis karya ilmiah, selain nantinya membangun relasi dengan penulis – penulis di tingkat nasional,” tuturnya.

pantuan media ini , melalui kesepakatan forum, secara aklamasi memilih Maksimus Masan Kian, S.Pd sebagai ketua, dengan kepengurusan lengkapnya, Dewan Pembina  Kadis PPO Kabupaten Flores Timur, Kepala Kemenag Kabupaten Flores Timur, Drs. Bernadus Tukan, Dewan penasehat Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Flores Timur, Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur. Wakil Ketua Silvester Witin, S.Fil, Sekretaris Vinsensius C. Lemba, S.Fil, M.Pd, Wakil Sekretaris Dra. Emilia R. Temaluru, Bendahara Dominika Resiona,S.Pd, Wakil Bendahara Sryanti Ilyas, S.Pd, ketua seksi pendidikan dan pelatihan Aselmus D. Atasoge, S.Fil, M.Th, Wakil ketua Aloysius Beda Maran, S.Pd, Sekretaris  Muhamad Sole Kadir, S.Pd dan anggota Michael Boro Bebe, S.Ag, Stefanus Aswan Niron, S.Pd, Alfonsus Mudi Aran, S.Pd, MM, dan Yohanes N. Hayon, S.Pd. Ketua seksi humas Polikarpus Igo Moron, S.Si, wakil ketua Theodorus Sabon Doni, S.Pd, sekretaris Tobias Tobi Ruron, S.Pd dan anggota Yakobus Y. M. Bahy, S.Pd, Benedikta O. Balun, S.Pd, Jeremias Lagadoni Paun, SE, dan Maksianus Lukas, S.Pd dan ketua Dokumentasi dan Publikasi Krisantus Minggu Kwen, S.Pd, Wakil ketua benediktus bereng lanan, S.Pd, sekretaris Bernardus B. Tukan, S.S dan anggota Wilhelmus Kopong, A. Md, Agnetis Da Noa, S.Pd, dan Matias Miten Ruron, S.Pd.

Sesuai Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Organisasi, pengurus ini akan melaksanakan tugas dalam selama tiga (3) tahun untuk satu periode dari tahun 2015 hingga 2018.

Akronim dari Asosiasi Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) dibentuk pertama kali pada tanggal 28 November 2006 di Jakarta oleh para pemenang Lomba Penulisan Naskah Buku Bahan Bacaan yang diselenggarakan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, atas usulan dan dukungan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( PMPTK) yang saat itu dijabat oleh Dr. H. Fasli Jalal dan telah dicatat dalam akta notaris pada tanggal 22 Desember 2006    No. 06/ 2006 oleh notaris Saifuddin Arief, S.H., M.H.

Sejak itu, AGUPENA sudah terbentuk dihampir seluruh Provinsi dan juga kabupaten/ kota se- Indonesia. Di Nusa Tenggara Timur (NTT), AGUPENA baru terbentuk pada tanggal 14 desember 2014 oleh guru – guru penulis di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Melalui Musyawarah, Bapak Thomas A. Sogen, S.Pd, M.BA dipilih sebagai ketua untuk periode pertama. (L1)

 

 


TAG